NURAENI, NISA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE BERBANTUAN PRAKTIKUM VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG STASIONER (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf Download (3MB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (3MB) |
|
Text
14. BAB 3.pdf Download (3MB) |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner serta pembelajaran kurang maksimal karena jarang melakukan praktikum. Peneliti berupaya mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran ICARE berbantuan praktikum virtual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran ICARE berbantuan praktikum virtual terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner di kelas XI MIPA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 8 kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 35 peserta didik sehingga sampel total berjumlah 70 peserta didik. Pengukuran keterampilan proses sains peserta didik dilakukan dengan memberikan tes berupa essay yang terdiri dari satu indikator keterampilan proses sains setiap masing-masing soal. Selain itu, pengambilan data dilakukan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran menggunakan interjudge agreement. Hasil analisis data keterlaksanaan model pembelajaran secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik dengan persentase 96,97%. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 06:54 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 06:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13886 |
Actions (login required)
View Item |