ANALISIS NUMBER SENSEPESERTA DIDIK DITINJAU DARI HABITS OF MIND

SHAFIRA, DEDE VIKA TSANIA (2024) ANALISIS NUMBER SENSEPESERTA DIDIK DITINJAU DARI HABITS OF MIND. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (258kB)
[img] Text
3. penguji.pdf

Download (395kB)
[img] Text
4. pernyataan.pdf

Download (262kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (77kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (47kB)
[img] Text
8. daftar tabel.pdf

Download (29kB)
[img] Text
9. daftar gambar.pdf

Download (32kB)
[img] Text
10. daftar lampiran.pdf

Download (37kB)
[img] Text
11. bab 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
12. bab 2.pdf

Download (351kB)
[img] Text
13. bab 3.pdf

Download (159kB)
[img] Text
14. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
15. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
16. daftar pustaka.pdf

Download (83kB)
[img] Text
17. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
18. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis number sense peserta didik ditinjau dari habits of mind. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes number sense, angket habits of mind, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen tambahannya berupa tes number sense dan angket habits of mind. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VII-B di MTs Negeri 3 Kota Tasikmalaya. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan peserta didik mengerjakan soal tes number sense yang paling banyak menyelesaikan komponen number sense menurut Fiore dan Tackaberry pada materi bilangan pecahan dan mengisi angket habits of mind yang memiliki satu kategori yang dominan diantaranya pemula, pengembangan, dan mahir. Teknis analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) S9 dengan habits of mind pemula memenuhi 2 dari 4 komponen number sense yaitu relating, dan representing. Pada komponen quantity S9 tidak menuliskan hal-hal yang diketahui pada soal dan pada komponen counting S9 tidak menuliskan strategi penghitungan. (2) S16 dengan habits of mind pemula memenuhi 2 dari 4 komponen number sense yaitu quantity dan counting. Pada komponen relating S16 tidak mampu menunjukkan kemampuan hubungan antar bilangan. Dan pada komponen representing S16 tidak mampu menggambarkan konsep matematis dan tidak menuliskan kesimpulan diakhir penyelesaian. (3) S13 dengan habits of mind pengembangan mampu memenuhi 3 dari 4 komponen number sense yaitu quantity, counting dan relating. Pada komponen representing S13 tidak menyampaikan konsep matematis dengan menggambarkan konsep matematis yang terdapat pada soal dan tidak menuliskan kesimpulan diakhir penyelesaian. (4) S1 dengan habits of mind mahir mampu memenuhi semua komponen number sense yaitu quantity, counting, relating dan representing. Kata kunci: Number Sense, Habits of Mind, Bilangan Pecahan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:32
Last Modified: 02 Sep 2024 01:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13840

Actions (login required)

View Item View Item