PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GAME MONOPOLI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih, Tahun Ajaran 2023/2024)

PUTRI, ANISYA DWI (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GAME MONOPOLI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih, Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (57kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (277kB)
[img] Text
03. Lembar Pernyataan.pdf

Download (303kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (287kB)
[img] Text
05. Abstract.pdf

Download (288kB)
[img] Text
06. Ucapan Terimakasih.pdf

Download (187kB)
[img] Text
07. Kata Pengantar.pdf

Download (225kB)
[img] Text
08. Daftar Isi.pdf

Download (265kB)
[img] Text
09. Daftar Tabel.pdf

Download (246kB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (246kB)
[img] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (181kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (318kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (351kB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan game monopoli terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Mei 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 211 peserta didik dan terdiri dari 6 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari non tes dan tes. Non tes berupa angket motivasi belajar sebanyak 20 pernyataan, sedangkan tes berupa soal uraian sebanyak 15 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA satu arah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan game monopoli terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis; Game Monopoli; Motivasi Belajar; Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:11
Last Modified: 02 Sep 2024 01:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13836

Actions (login required)

View Item View Item