ZAHRA, HANIFA AULIA (2024) PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK MENGENAI PENGELOMPOKAN KELAS YANG DIMODERASI KEAKTIFAN BELAJAR DAN IMPLIKASINYA PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada Peserta Didik kelas X di SMA 10 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (7MB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (448kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (229kB) |
|
Text
4 PERNYATAAN.pdf Download (197kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (7MB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (7MB) |
|
Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (7MB) |
|
Text
8 DAFTAR ISI.pdf Download (7MB) |
|
Text
9 DAFTAR TABEL.pdf Download (7MB) |
|
Text
10 DAFTAR BAGAN.pdf Download (7MB) |
|
Text
11 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7MB) |
|
Text
12 BAB I.pdf Download (8MB) |
|
Text
13 BAB II.pdf Download (8MB) |
|
Text
14 BAB III.pdf Download (8MB) |
|
Text
15 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
16 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8MB) |
|
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text
19 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X yang rendah dengan temuan fenomena berupa adanya pengelompokan kelas yang dilakukan oleh manajemen sekolah. Sehingga penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruhi persepsi peserta didik mengenai pengelompokan kelas terhadap keaktifan belajar serta implikasinya pada hasil belajar. Penelitian dilakukan melalui metode survey dengan siswa kelas X sebagai populasi, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah sebanyak 209 siswa. Data diperoleh melalui kuesioner dengan teknik analisis moderasi regresi. Adapun hasil penelitian ini yaitu : variabel moderasi nilai determinasi diamati dengan hasil yaitu, terdapat peningkatan nilai determinasi dari model 1 sebesar 24% menjadi 44% pada model 2. Dengan demikian variabel moderasi yaitu keaktifan belajar mampu memperkuat atau memberi moderasi positif pengaruh persepsi peserta didik terhadap hasil belajar. Pada uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa : persepsi peserta didik mengenai pengelompokan kelas berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar, keaktifan belajar, dapat memperkuat hubungan persepsi peserta didik mengenai pengelompokan kelas terhadap hasil belajar, persepsi peserta didik mengenai pengelompokan kelas berpengaruh terhadap keaktifan belajar serta beimplikasi pada hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Belajar, Hasil, Keaktifan, Pengelompokan, Persepsi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:31 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 01:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13580 |
Actions (login required)
View Item |