PUSPITARINI, REGINA (2024) PEMANFAATAN VIRTUAL TOUR MUSEUM SASMITALOKA AHMAD YANI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 CIKALONG KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover.pdf Download (205kB) |
|
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf Download (134kB) |
|
Text
03 Lembar Penguji.pdf Download (116kB) |
|
Text
04 Lembar Pernyataan.pdf Download (102kB) |
|
Text
05 Halaman Pribadi.pdf Download (360kB) |
|
Text
06 Abstrak.pdf Download (166kB) |
|
Text
07 Abstract.pdf Download (164kB) |
|
Text
08 Kata Pengantar.pdf Download (280kB) |
|
Text
09 Ucapan Terima Kasih.pdf Download (166kB) |
|
Text
10 Daftar Isi.pdf Download (339kB) |
|
Text
11 Daftar Tabel.pdf Download (161kB) |
|
Text
12 Daftar Bagan.pdf Download (161kB) |
|
Text
13 Daftar Lampiran.pdf Download (171kB) |
|
Text
14 BAB 1.pdf Download (322kB) |
|
Text
15 BAB 2.pdf Download (329kB) |
|
Text
16 BAB 3.pdf Download (223kB) |
|
Text
17 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
|
Text
18 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
19 Daftar Pustaka.pdf Download (400kB) |
|
Text
20 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pemanfaatan Virtual Tour Museum Sasmitaoka Ahmad Yani Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Di Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana persiapan guru dalam memanfaatkan media Virtual Tour Museum, pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan media Virtual Tour Museum, serta dampak pemanfaatan media Virtual Tour Museum dalam pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di kelas XII IPS 2 yang sebelumnya pernah mengikuti pembelajaran virtual tour Museum Nasional. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan analisis, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pengunaan virtual tour museum Sasmitaloka Ahmad Yani memberi pengalaman baru dalam belajar, adanya ketertarikan dari peserta didik, memberi ilustrasi visual dan pemahaman baru bagi peserta didik, serta virtual tour museum mudah dan terjangkauan untuk diakses dalam pembelajaran. Selain itu, penerapan virtual tour museum memerukan adanya bimbingan secara langsung oleh guru dalam pembelajaran. Kata kunci: Virtual Tour Museum, Media Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 02:27 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 02:27 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13479 |
Actions (login required)
View Item |