PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUAN NEARPOD PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS

MUSTHARIANI, MIRNA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUAN NEARPOD PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (55kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (541kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar berbantuan nearpod untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan tes kemampuan berpikir analitis. Instrumen penelitian mencakup lembar kisi-kisi wawancara, lembar penilaian validasi, lembar angket respon peserta didik, serta soal pretest dan posttest kemampuan berpikir analitis. Subjek penelitian terdiri dari 10 peserta didik kelas VII F untuk uji coba kelompok kecil dan 20 peserta didik kelas VII K untuk uji coba lapangan. Pada tahap development melalui angket validasi ahli diperoleh hasil mencapai 86,93% dari ahli materi dan 93% dari ahli media. Pada tahap implementation melalui angket respon peserta didik dan angket respon guru, diperoleh respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil 92,8%, respon peserta didik pada uji coba lapangan 85,6%, dan respon guru mencapai 92%. Dan pada tahap evaluation melalui tes soal pretest dan posttest yang diukur dengan menggunakan rumus N-gain, dengan rata-rata nilai pretest 39,5 dan rata-rata nilai posttest 61,8 menghasilkan nilai N-gain sebesar 0,368 dengan kategori sedang. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar berbantuan nearpod valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik SMPN 10 Tasikmalaya. Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, Nearpod, ADDIE, Kemampuan berpikir analitis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:40
Last Modified: 20 Aug 2024 06:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13460

Actions (login required)

View Item View Item