AMALIA, RIZNY ANANDA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (118kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (132kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (87kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (132kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) |
|
Text
8 DAFTAR TABEL.pdf Download (267kB) |
|
Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (151kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (272kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (252kB) |
|
Text
12 BAB II.pdf Download (474kB) |
|
Text
13 BAB III.pdf Download (168kB) |
|
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
|
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
18 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dri Adversity Quotient di salah satu sekolah di Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan Adversity Quotient. Metode yang digunakan adalah eksploratif dengan pengumpulan data melalui tes kemampuan representasi matematis, angket resiliensi matematis, dan wawancara. Subjek penelitian yaitu tiga siswa kelas VIII D SMPN 15 Tasikmalaya yang dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket Adversity Quotient, yang dikategorikan sebagai Climber, camper, dan quitter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Climber, Siswa dengan kategori ini mampu memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep, menyatakan ulang konsep, mengembangkan syarat perlu dan cukup suatu konsep, mengklasifikasikan objek sesuai konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi, menggunakan prosedur tertentu, serta mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah. Subjek dengan kategori Climber menunjukkan sikap tidak mudah menyerah dan memiliki cara sendiri untuk mempermudah pemecahan soal. subjek juga aktif bersosialisasi dan berdiskusi untuk menemukan jawaban yang tepat. Camper, Siswa dalam kategori ini memiliki kemampuan serupa dalam memahami konsep matematis seperti Climber. Namun, subjek cenderung puas dengan apa yang telah dicapai dan tidak berusaha lebih jauh. Saat jawaban mereka salah, mereka merasa sudah cukup dengan usaha yang dilakukan dan tidak berusaha memperbaikinya lebih lanjut. Quitter, Siswa dengan kategori ini juga memiliki kemampuan dasar dalam memahami konsep matematis tetapi mudah menyerah saat menghadapi kesulitan. subjek cenderung menghindari masalah tanpa berusaha mencari solusi, tidak menanyakan kepada teman sebaya, dan tidak mencoba menemukan jawaban yang tepat. Sehingga Penelitian ini menunjukkan hubungan antara Adversity Quotient dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan pemahaman konsep Matematis, Adversity Quotient
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 05:09 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 05:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13404 |
Actions (login required)
View Item |