PENGARUH KEPUASAN DAN CYBER SECURITY TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA M-BANKING BANK SYARIAH INDONESIA DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Siliwangi)

Nurpalah, Elsa (2024) PENGARUH KEPUASAN DAN CYBER SECURITY TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA M-BANKING BANK SYARIAH INDONESIA DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover-1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan-1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Plagiasi.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Abstrak-1.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Kata Pengantar-1.pdf

Download (436kB)
[img] Text
Daftar Isi-1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Daftar Tabel-1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Daftar Gambar-1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Pedoman Transliterasi.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Lampiran-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

Kasus serangan virus berbahaya (Ransomware) yang terjadi pada BSI merupakan Cyber Crime terparah dalam sejarah perbankan Indonesia. Kasus tersebut menjadi alasan semakin menurunnya loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia. Peneliti melakukan studi pendahuluan dan hampir 53% responden yang merupakan pengguna M-Banking sudah tidak menggunakan kembali layanan serta 17% lainnya masih merasa ragu untuk kembali menggunakan layanan. Menurunnya loyalitas karena kepercayaan menjadi alasan peneliti dalam meneliti hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan dan cyber security terhadap loyalitas pengguna M-banking Bank Syariah Indonesia dengan kepercayaan sebagai variabel intervening, serta studi kasus terhadap mahasiswa Universitas Siliwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan populasi Mahasiswa Universitas Siliwangi yang berjumlah 15.910. pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportionate stratified random sampling sehingga sampel penelitian berjumlah 150 orang mahasiswa Universitas Siliwangi. Penelitian ini menggunakan data primer dari hasil kuesioner yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Partial Least Square dengan uji koefisien outer model dan inner model serta model analisis jalur (Path Analysis) dengan alat bantu penelitian SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kepuasan (X1) dan cyber security (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan (Z) maupun loyalitas (Y). Sementara itu, kepercayaan (Z) tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas (Y). Kemudian, kepercayaan (Z) tidak mampu memediasi pengaruh kepuasan (X1) maupun cyber security (X2) terhadap loyalitas (Y). Maka dari itu, penulis merekomendasikan bagi peneliti selanjutnya untuk menggunakan variabel intervening lain diluar yang telah diteliti untuk lebih mengetahui variabel yang mampu lebih kuat memediasi pengaruh antara variabel kepuasan atau cyber security terhadap loyalitas. Kata Kunci: Kepuasan, Cyber Security, Kepercayaan, Loyalitas, M-banking

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2024 00:53
Last Modified: 15 Aug 2024 00:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13287

Actions (login required)

View Item View Item