PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG TASIKMALAYA

KIRANTI, CINDY SUCI (2024) PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG TASIKMALAYA. Diploma thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (112kB)
[img] Text
7. SMABUTAN KHUSUS.pdf

Download (112kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (210kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Tasikmalaya. Layanan customer service memiliki peran strategis dalam menciptakan pengalaman positif bagi nasabah yang pada gilirannya dapat meningkatkan loyalitas dan jumlah nasabah. Dalam konteks perbankan, customer service tidak hanya berfungsi sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai ujung tombak pemasaran yang dapat menawarkan berbagai produk bank melalui teknik cross selling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan lapangan. Data primer dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan staf customer service dan observasi terhadap interaksi mereka dengan nasabah. Data sekunder diperoleh dari literatur terkait perbankan dan pelayanan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan kompetensi customer service sangat mempengaruhi persepsi dan kepuasan nasabah. Beberapa kendala yang diidentifikasi antara lain kurangnya pelatihan yang memadai dan sikap kurang ramah dari beberapa staf customer service, yang dapat mengurangi kualitas pelayanan. Penelitian ini menemukan bahwa peningkatan pelatihan dan pengembangan keterampilan customer service dapat secara signifikan meningkatkan jumlah nasabah. Selain itu, sikap ramah dan profesionalisme dalam melayani nasabah terbukti meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah. Penelitian ini juga memberikan beberapa rekomendasi praktis bagi manajemen bank untuk memperbaiki kualitas layanan customer service, seperti pelatihan berkelanjutan, evaluasi kinerja secara berkala, dan pengembangan sistem feedback dari nasabah. Kata kunci : Peranan, Bank, Customer Service, Nasabah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:17
Last Modified: 13 Aug 2024 07:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13226

Actions (login required)

View Item View Item