HUBUNGAN ANTARA SELF-DIRECTED LEARNING DAN COGNITIVE LOAD TERHADAP SCIENTIFIC LITERACY SKILL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

NURHALIMAH, AAN SITI (2024) HUBUNGAN ANTARA SELF-DIRECTED LEARNING DAN COGNITIVE LOAD TERHADAP SCIENTIFIC LITERACY SKILL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
001. Cover.pdf

Download (336kB)
[img] Text
002. Lembar Pengesahan.pdf

Download (214kB)
[img] Text
003. Lembar Pernyataan.pdf

Download (374kB)
[img] Text
004. Abstrak.pdf

Download (335kB)
[img] Text
005. Abstract.pdf

Download (258kB)
[img] Text
006. Kata Pengantar.pdf

Download (269kB)
[img] Text
007. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (250kB)
[img] Text
008. Daftar Isi.pdf

Download (342kB)
[img] Text
009. Daftar Tabel.pdf

Download (259kB)
[img] Text
010. Daftar Gambar.pdf

Download (247kB)
[img] Text
011. Daftar Lampiran.pdf

Download (255kB)
[img] Text
012. BAB 1.pdf

Download (423kB)
[img] Text
013. BAB 2.pdf

Download (676kB)
[img] Text
014. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
015. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
016. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
017. Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB)
[img] Text
018. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
019. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstract

Scientific literacy merupakan tujuan terpenting dari pendidikan sains. Sementara, kompleksitas materi dalam biologi memicu cognitive load peserta didik. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk memberdayakan peserta didik adalah self�directed learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self�directed learning dan cognitive load terhadap scientific literacy skill peserta didik pada pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 8 Tasikmalaya pada November 2023-Maret 2024. Populasi dari penelitian yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya dengan sampel sebanyak 163 peserta didik menggunakan teknik quota sampling. Instrumen yang digunakan yaitu berupa kuesioner self�directed learning sebanyak 23 pernyataan, kuesioner cognitive load sebanyak 8 pernyataan, dan tes scientific literacy skill sebanyak 13 pertanyaan. Analisis data menggunakan uji korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) ada korelasi positif antara self-directed learning dan scientific literacy skill memperoleh nilai R=0,5242 dan R2=0,294 dengan tingkat korelasi sedang; (ii) ada korelasi negatif antara cognitive load dan scientific literacy skill memperoleh nilai R=0,522 dan R2=0.272 dengan tingkat korelasi sedang; (iii) ada korelasi antara self-directed learning dan cognitive load terhadap scientific literacy skill memperoleh nilai R=0,690 dan R2=0,476 dengan tingkat korelasi tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara self�directed learning dan cognitive load terhadap scientific literacy skill peserta didik pada pembelajaran biologi. Kata kunci: self-directed learning, cognitive load, dan scientific literacy skill.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:56
Last Modified: 14 Aug 2024 08:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13218

Actions (login required)

View Item View Item