NURHALIMAH, AAN SITI (2024) HUBUNGAN ANTARA SELF-DIRECTED LEARNING DAN COGNITIVE LOAD TERHADAP SCIENTIFIC LITERACY SKILL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
001. Cover.pdf Download (336kB) |
|
Text
002. Lembar Pengesahan.pdf Download (214kB) |
|
Text
003. Lembar Pernyataan.pdf Download (374kB) |
|
Text
004. Abstrak.pdf Download (335kB) |
|
Text
005. Abstract.pdf Download (258kB) |
|
Text
006. Kata Pengantar.pdf Download (269kB) |
|
Text
007. Ucapan Terima Kasih.pdf Download (250kB) |
|
Text
008. Daftar Isi.pdf Download (342kB) |
|
Text
009. Daftar Tabel.pdf Download (259kB) |
|
Text
010. Daftar Gambar.pdf Download (247kB) |
|
Text
011. Daftar Lampiran.pdf Download (255kB) |
|
Text
012. BAB 1.pdf Download (423kB) |
|
Text
013. BAB 2.pdf Download (676kB) |
|
Text
014. BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
015. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
016. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
Text
017. Daftar Pustaka.pdf Download (415kB) |
|
Text
018. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
019. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
Abstract
Scientific literacy merupakan tujuan terpenting dari pendidikan sains. Sementara, kompleksitas materi dalam biologi memicu cognitive load peserta didik. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk memberdayakan peserta didik adalah self�directed learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self�directed learning dan cognitive load terhadap scientific literacy skill peserta didik pada pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 8 Tasikmalaya pada November 2023-Maret 2024. Populasi dari penelitian yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya dengan sampel sebanyak 163 peserta didik menggunakan teknik quota sampling. Instrumen yang digunakan yaitu berupa kuesioner self�directed learning sebanyak 23 pernyataan, kuesioner cognitive load sebanyak 8 pernyataan, dan tes scientific literacy skill sebanyak 13 pertanyaan. Analisis data menggunakan uji korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) ada korelasi positif antara self-directed learning dan scientific literacy skill memperoleh nilai R=0,5242 dan R2=0,294 dengan tingkat korelasi sedang; (ii) ada korelasi negatif antara cognitive load dan scientific literacy skill memperoleh nilai R=0,522 dan R2=0.272 dengan tingkat korelasi sedang; (iii) ada korelasi antara self-directed learning dan cognitive load terhadap scientific literacy skill memperoleh nilai R=0,690 dan R2=0,476 dengan tingkat korelasi tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara self�directed learning dan cognitive load terhadap scientific literacy skill peserta didik pada pembelajaran biologi. Kata kunci: self-directed learning, cognitive load, dan scientific literacy skill.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:56 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13218 |
Actions (login required)
View Item |