ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA MELALUI BEBRAS TASK DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

PERMANA, FAJAR RAMDHAN (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA MELALUI BEBRAS TASK DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (169kB)
[img] Text
3. SK Revisi ujian skripsi.pdf

Download (117kB)
[img] Text
4. Pernyataan keaslian.pdf

Download (131kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. Kata pengantar.pdf

Download (72kB)
[img] Text
7. Daftar isi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
8. Daftar tabel.pdf

Download (25kB)
[img] Text
9. Daftar gambar.pdf

Download (24kB)
[img] Text
10. Daftar lampiran.pdf

Download (28kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (70kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (218kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (189kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf

Download (10kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir komputasional siswa melalui bebras task ditinjau dari self-efficacy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan pengisian tes komputasional, angket self-efficacy, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan adalah soal komputasional dan angket self-efficacy. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Tasikmalaya. Pemilihan subjek dilakukan dengan mengambil masingmasing satu orang dari kategori self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) siswa dengan self-efficacy tinggi mampu memenuhi seluruh indikator berpikir komputasional yaitu dekomposisi, siswa mampu mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan, pengenalan pola, siswa mampu mengenali pola awal, generalisasi pola dan abstraksi, siswa mampu mengetahui rumus umum serta menyelesaikan persoalan dengan benar dan berpikir algoritma, siswa mengerjakannya dengan sistematis dan tersusun, (2) siswa dengan selfefficacy sedang mampu memenuhi indikator dekomposisi, siswa mampu mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan, pengenalan pola, siswa mampu mengenali pola awal, abstraksi, siswa dapat menyelesaikan persoalan dengan benar. Siswa menyelesaikan dengan cara manual tanpa rumus sehingga tidak memenuhi indikator generalisasi pola dan tidak memenuhi berpikir algoritma (3) siswa dengan self-efficacy rendah hanya memenuhi satu indikator kemampuan berpikir komputasional yaitu dekomposisi yaitu siswa hanya dapat mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan. Kata kunci: berpikir komputasional, self-efficacy, bebras task

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Aug 2024 01:53
Last Modified: 13 Aug 2024 01:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13168

Actions (login required)

View Item View Item