ANALISIS HAMBATAN EPISTEMOLOGI MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING

MELIANI, IRA (2024) ANALISIS HAMBATAN EPISTEMOLOGI MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
03 SURAT KETERANGAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
04 PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (82kB)
[img] Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (230kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
08 DAFTAR TABEL.pdf

Download (196kB)
[img] Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (195kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (576kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (507kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
18 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan epistemologi matematika peserta didik pada materi lingkaran ditinjau dari Self Regulated Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Subjek dalam penelitian ini diambil dari peserta didik kelas VIII A MTs Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran angket Self Regulated Learning, pemberian soal tes materi lingkaran, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket Self Regulated Learning dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa: 1) peserta didik dalam kategori Self Regulated Learning tinggi mengalami hambatan epistemologi matematika pada jenis kecenderungan membuat generalisasi; 2) peserta didik dalam kategori Self Regulated Learning sedang mengalami hambatan epistemologi matematika pada jenis yang berbeda yaitu dua peserta didik mengalami hambatan jenis kecenderungan bergantung pada tipuan pengalaman intuitif, satu peserta didik mengalami hambatan jenis kecenderungan membuat generalisasi, satu peserta didik mengalami hambatan jenis kecenderungan membuat generalisasi dan kecenderungan pada penggunaan bahasa alamiah, dan satu peserta didik mengalami hambatan jenis kecenderungan pada penggunaan bahasa alamiah; 3) peserta didik dalam kategori Self Regulated Learning rendah mengalami hambatan epistemologi matematika pada jenis yang berbeda yaitu dua peserta didik mengalami hambatan jenis kecenderungan bergantung pada tipuan pengalaman intuitif, dan satu peserta didik mengalami hambatan jenis kecenderungan bergantung pada tipuan pengalaman intuitif, kecenderungan membuat generalisasi, dan kecenderungan pada penggunaan bahasa alamiah. Penyebab peserta didik mengalami hambatan epistemologi matematika adalah peserta didik belum sepenuhnya dapat menyerap informasi dengan baik, belum memahami materi secara rinci, memiliki pengalaman yang terbatas dalam mengerjakan soal, serta pemahaman konsep dasar lingkaran yang masih rendah. Kata kunci: Hambatan Epistemologi, Materi Lingkaran, Self Regulated Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:49
Last Modified: 14 Aug 2024 08:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13144

Actions (login required)

View Item View Item