ANWAR, IHSAN NURIL (2024) DESAIN PEMBELAJARAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA MELALUI INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA DAN BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (339kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI SKRIPSI.pdf Download (359kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (136kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (173kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (388kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (533kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (169kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran segiempat dan segitiga dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan geogebra melalui perancangan Hypothetical Learning Trajectory dengan konteks matematika untuk membantu proses matematisasi peserta didik sehingga menghasilkan learning trajectory yang efektif dan efisien, serta capaian literasi numerasi yang baik. Metode yang digunakan adalah design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi untuk mengamati dan mencatat hal�hal yang terjadi selama proses pembelajaran, merekam proses pembelajaran guna memperoleh data selama tahap design experiment, memberikan tes literasi numerasi untuk mengetahui dampak dan capaian literasi numerasi peserta didik, dan wawancara kepada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 19 Tasikmalaya kelas VII C sebagai kelas pilot experiment dan kelas VII A sebagai kelas teaching experiment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penggunaan konteks matematika berperan dalam merepresentasikan visualisasi dan memfasilitasi pemahaman konsep. (2a) Learning trajectory Luas Segiempat dan segitiga: (i) Mathematical World Orientation: Mengaitkan konsep matematika dengan konteks nyata; (ii) Model Material: Memvisualisasikan konsep menggunakan alat bantu seperti Geogebra; (iii) Building Stone Number: Menganalisis tabel yang disajikan; dan (iv) Formal Notation: Menyimpulkan konsep luas secara formal. (2b) Learning Trajectory Keliling Segiempat dan Segitiga: (i) Mathematical World Orientation: Memberikan konteks relevan terkait keliling; (ii) Model Material: Memodelkan masalah kontekstual ke bentuk matematika; (iii) Building Stone Number: Menganalisis tabel luas yang disajikan; dan (iv) Formal Notation: Menyimpulkan konsep luas secara formal. (3) Capaian literasi numerasi peserta didik pada siklus pilot experiment 82% dan pada siklus teaching experiment 93%. Kata kunci: Design Research, Geogebra, Inkuiri Terbimbing, Learning Trajectory, Literasi Numerasi, Segiempat dan Segitiga
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 07:00 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 07:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13112 |
Actions (login required)
View Item |