UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

FARIZA, ADRI (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER .pdf

Download (26kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHN .pdf

Download (190kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN .pdf

Download (94kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (4kB)
[img] Text
6. ABSRRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR .pdf

Download (118kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH .pdf

Download (72kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI .pdf

Download (103kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (85kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (404kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (179kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (86kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui model cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya jumlah laki laki 17 dan perempuan 16 siswa, objek penelitian ini adalah proses pembelajaran passing atas pada permainan bola voli melalui model cooperative learning tipe jigsaw. Instrumen penelitian menerapkan tes observasi dan tes unjuk kerja menggunakan rubrik penilaian yang terdapat pada Modul Ajar dimaksudkan untuk mengetahui nilai proses. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar passing atas permainan bola voli melalui model cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Setelah penerapan model cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas VII-A dilakukan dengan 2 siklus hasilnya sebesar 83,83 diatas Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu 76. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui model cooperative learning tipe jigsaw terbukti dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing atas permainan bola voli di kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci : Hasil Belajar, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Passing Atas, Permainan Bola Voli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:06
Last Modified: 12 Aug 2024 01:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13046

Actions (login required)

View Item View Item