ALFANSA S, FAUZAN SUTAN (2024) Perencanaan Ulang Fasilitas Pejalan Kaki untuk Peningkatan Layanan (Level of Service) di Jalan K.H.Z. Mustofa Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (55kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (225kB) |
|
Text
3. LEMBAR KEASLIAN.pdf Download (89kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (121kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (135kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (106kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (96kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (119kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (355kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (444kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Manusia secara alami membutuhkan kenyamanan dalam segala aktivitas yang dilakukan, baik di dalam maupun di luar ruangan, salah satunya adalah aktivitas berjalan kaki. Kota Tasikmalaya memiliki Jalan K.H.Z. Mustofa sebagai salah satu pusat perdagangan, bisnis, dan jasa. Namun, kehadiran pedagang kaki lima (PKL) di jalan ini membatasi ruang gerak para pejalan kaki. Data karakteristik pejalan kaki, lalu lintas, dan geometrik ruas jalan K.H.Z. Mustofa didapatkan dengan cara meninjau langsung kondisi di lokasi penelitian. Tingkat pelayanan (LOS) fasilitas pejalan kaki dianalisis menggunakan metode Highway Capacity Manual 2000 dan kinerja lalu lintas diketahui dengan cara menganalisis derajat kejenuhan ruas jalan. LOS trotoar saat ini adalah B pada segmen 1 timur, F pada segmen 1 barat, B pada segmen 2 timur, dan C pada segmen 2 barat. Derajat kejenuhan rata-rata selama masa penelitian pada segmen 1 adalah sebesar 0,40, dengan LOS B. Pada segmen 2, derajat kejenuhan rata-rata selama masa penelitian adalah sebesar 0,33, dengan LOS yang sama yaitu B. Kebutuhan lebar trotoar ruas Jalan K.H.Z. Mustofa adalah 1,49 m untuk segmen 1 timur, 1,71 m untuk segmen 1 barat, 1,43 m untuk segmen 2 timur, dan 1,63 m untuk segmen 2 barat. Lebar trotoar saat ini adalah 2,00 m dan memenuhi kebutuhan lebar trotoar semua segmen dan sisi. Namun, keberadaan PKL di sepanjang trotoar mengakibatkan LOS trotoar menurun. Dengan melakukan penataan PKL, LOS trotoar segmen 1 timur meningkat dari B ke A, dan di sisi barat meningkat dari F ke B. Sementara itu, pada segmen 2, LOS trotoar di sisi timur dan barat sama-sama meningkat dari B dan C menjadi A. Dibandingkan dengan kondisi saat ini, derajat kejenuhan rata-rata pada segmen 1 dengan trotoar yang diusulkan menunjukkan penurunan senilai 0,01 dan tidak ada perubahan pada segmen 2. Maka dari itu, tidak ada perubahan LOS ruas jalan pada kondisi saat ini dengan ruas jalan setelah adanya trotoar yang diusulkan. Kata kunci: pejalan kaki, fasilitas pejalan kaki, perencanaan ulang, Level of Service (LOS).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 02:55 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 02:55 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12886 |
Actions (login required)
View Item |