PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS CHILDREN-CENTERED DESIGN SEBAGAI APLIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN VISUAL ANAK PRASEKOLAH

Kusmayadi, Annisa Pebrianti (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS CHILDREN-CENTERED DESIGN SEBAGAI APLIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN VISUAL ANAK PRASEKOLAH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (131kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (86kB)
[img] Text
3. Lembar Penguji.pdf

Download (73kB)
[img] Text
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (88kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (223kB)
[img] Text
6. Lembar Pribadi.pdf

Download (161kB)
[img] Text
7. Kata Pengantar.pdf

Download (189kB)
[img] Text
8. Daftar Isi,Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf

Download (307kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (267kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (213kB)
[img] Text
15. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebagian besar anak usia dini terutama mereka yang berada pada tahap awal perkembangan, belum sepenuhnya mengembangkan kemampuan visual. Penyebab utama dari masalah ini kurangnya stimulasi visual yang tepat, kurangnya kesempatan untuk mengeksplorasi dan kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengasah kemampuan kognitif anak melalui pengembangan game edukatif yang efektif dan menyenangkan, hal ini dilakukan untuk mengatasi masalah kurangnya pengembangan kemampuan visual anak-anak yang berada pada tahap awal perkembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Children-Centered Design yang melibatkan empat tahapan utama yaitu Specify Context Of Use, Specify Requirements, Create Solution Design dan Evaluation. Pengembangan game diimplementasikan menggunakan software unity yang didukung materi kurikulum Lembar Kerja Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dengan mengimplementasikan lima kategori dasar yaitu huruf, angka, bentuk, warna, dan evaluasi. Pengujian dilakukan dengan menguji fungsionalitas dan usability game menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang disebarkan melalui google form. Hasil pengujian pada penelitian ini menggunakan metode SUS dengan menunjukkan hasil bahwa game mendapatkan persentase 80% yang termasuk dalam kriteria excellent, dengan grade B dalam kategori acceptable. Berdasarkan kriteria tersebut maka game keterampilan visual dapat diterima dan layak didistribusikan kepada pengguna. Kata Kunci : Game Edukasi, Children-Centered Design, Keterampilan visual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:53
Last Modified: 01 Aug 2024 07:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12869

Actions (login required)

View Item View Item