PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GENDER

NURAENI, SRI (2024) PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GENDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (83kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (173kB)
[img] Text
03. Surat Keterangan.pdf

Download (104kB)
[img] Text
04. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (85kB)
[img] Text
05. Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
06. Kata Pengantar.pdf

Download (51kB)
[img] Text
07. Daftar Isi.pdf

Download (269kB)
[img] Text
08. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
09. BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (330kB)
[img] Text
10. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text
11. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
12. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
15. Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self-efficacy antara gender laki-laki dan perempuan, perbedaan kemampuan penalaran matematis antara gender laki-laki dan perempuan, dan pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gender. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasional dengan desain penelitian expost facto. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 20 Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan mengunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dari populasi yang ada. Terpilih kelas VII-B, VII-C, VII-D, VII-E sebagai kelas saampel dengan jumlah 102 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan tes kemampuan penalaran matematis, dan angket self-efficacy. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, Uji Independent sample t-test dan Two way ANOVA. Berdasarkan pengolahan data, analisis data, dan pengujian hipotesis diperoleh hasil penelitian (1) Terdapat perbedaan self-efficacy antara gender laki-laki dan perempuan, (2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara gender laki-laki dan perempuan, (3) Tidak terdapat pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gender. Kata kunci: Self-efficacy, Kemampuan penalaran matematis, gender.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:12
Last Modified: 30 Jul 2024 08:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12769

Actions (login required)

View Item View Item