HIDAYAH, MIFTAHUL (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (28kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (61kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (69kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (77kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (71kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (37kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (31kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (45kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (33kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (131kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (290kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (58kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematika peserta didik kelas VIII berdasarkan gaya belajar yang dimilikinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Ciamis. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemahaman matematika, angket gaya belajar, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman matematika dan angket gaya belajar (visual, auditorial, dan kinestetik). Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes kemampuan pemahaman matematika yang menyelesaikan seluruh indikator kemampuan pemahaman matematika, memenuhi ciri gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik yang diperoleh melalui angket gaya belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data, uji tranferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa baik peserta didik dengan gaya belajar visual, auditorial, maupun kinestetik, sama-sama memiliki kemampuan pemahaman fungsional dengan mampu memenuhi indikator mengaitkan satu konsep dengan konsep lain. Namun, untuk kemampuan komputasional hanya dimiliki oleh peserta didik dengan gaya belajar visual karena ia mampu memenuhi indikator menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana dan melakukan perhitungan secara algoritmik. Peserta didik auditorial dan kinestetik sama-sama belum memiliki kemampuan komputasional, hal ini dikarenakan keduanya tidak memenuhi indikator mengerjakan perhitungan secara algoritmik. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Matematika, Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 04:21 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 04:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12743 |
Actions (login required)
View Item |