ROMDIANI P, NISA SRI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (307kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf Download (170kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (34kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (73kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (31kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (38kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (27kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (78kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (586kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (382kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media belajar interaktif menggunakan articulate storyline 3, mendeskripsikan capaian dan effect size penggunaan media belajar interaktif menggunakan articulate storyline 3 terhadap kemampuan komunikasi matematis pada materi aritmetika sosial. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Assessment/Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, mengisi lembar validasi, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, kuesioner, lembar validasi ahli materi dan ahli media, dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Data penelitian bersumber dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 6 orang peserta didik kelas VII di luar kelas VII-A dan 21 orang peserta didik kelas VII-A SMPN 1 Salopa. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap Assessment/ Analysis menghasilkan kebutuhan peserta didik yaitu media belajar interaktif yang dapat dijalankan di komputer/laptop untuk mengeksplor kemampuan komunikasi matematis materi aritmetika sosial. Pada tahap Design, peneliti membuat flowchart, struktur navigasi, storyboard, merancang materi pelajaran, instrumen tes, kuesioner, dan lembar validasi. Pada tahap Development, mengembangkan produk berupa aplikasi yang dapat dijalankan di komputer/laptop dengan nama ABAS (Aplikasi Belajar Aritmetika Sosial) yang telah dinyatakan “sangat layak” digunakan oleh ahli materi dan ahli media, serta telah di uji coba kelompok kecil kepada 6 orang peserta didik di luar kelas VII-A hingga memperoleh respon dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap Implementation, menerapkan produk kepada 21 orang peserta didik kelas VII-A dan melakukan pretest, posttest, serta kuesioner. Pada tahap Evaluation, menganalisis hasil implementasi. Produk yang dihasilkan efektif untuk mengeksplor kemampuan komunikasi matematis terlihat dari perubahan capaian peserta didik yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal dan hasil perhitungan effect size memperoleh nilai sebesar 1,49 dengan kategori “strong effect” dan respon peserta didik penerapan lapangan terhadap penggunaan media kategori “sangat baik”. Hal ini berarti media belajar interaktif dapat digunakan sebagai sumber belajar pendukung pembelajaran matematika materi aritmetika sosial. Kata kunci: Media Belajar Interaktif, Articulate Sroryline 3, Kemampuan Komunikasi Matematis, Aritmetika Sosial, Model Pengembangan ADDIE
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 07:25 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 07:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12362 |
Actions (login required)
View Item |