WAHYUNI, SITI (2023) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (62kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf Download (112kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (28kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (229kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (358kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (330kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (722kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan penalaran matematis ketika pembelajarannya menggunakan model brain based learning, pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan penalaran matematis ketika pembelajarannya menggunakan model problem based learning, kecemasan matematis dan penalaran matematis ketika pembelajarannya menggunakan model brain based learning, kecemasan matematis dan penalaran matematis ketika pembelajarannya menggunakan model problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif deskriptif jenis korelasi regresi sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Faqih yang terdiri dari 94 peserta didik, sampel dalam penelitian diambil sebanyak dua kelas dengan teknik cluster sampling, dan terpilih kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu angket kecemasan matematis dan soal tes kemampuan penalaran matematis. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji korelasi regresi sederhana, dengan menghitung koefisien korelasi, melihat nilai signifikansi, dan menghitung koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan menggunakan model brain based learning dan terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan menggunakan model problem based learning. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi kecemasan matematis berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis ketika menggunakan model brain based learning sebesar 16.7%. Sementara itu, kecemasan matematis berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis ketika menggunakan model brain based learning sebesar 52.8%. Kata kunci: Kecemasan Matematis, Kemampuan Penalaran Matematis, Model Brain Based Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 07:23 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 07:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12347 |
Actions (login required)
View Item |