THE IMPLEMENTATION OF 21ST CENTURY LEARNING SKILLS IN ENGLISH BLENDED LEARNING CLASSROOMS: TEACHERS’ PERCEPTION

NURALISA, AURAGINTA (2023) THE IMPLEMENTATION OF 21ST CENTURY LEARNING SKILLS IN ENGLISH BLENDED LEARNING CLASSROOMS: TEACHERS’ PERCEPTION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (184kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (251kB)
[img] Text
3. APPROVAL SHEET.pdf

Download (263kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
7. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (122kB)
[img] Text
6. PREFACE.pdf

Download (101kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (156kB)
[img] Text
9. LIST OF TABLES.pdf

Download (126kB)
[img] Text
10. LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (126kB)
[img] Text
11. CHAPTER 1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
12. CHAPTER 2.pdf

Download (205kB)
[img] Text
13. CHAPTER 3.pdf

Download (229kB)
[img] Text
14. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
15. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
16. REFERENCES.pdf

Download (187kB)
[img] Text
17. Enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
18. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)

Abstract

Pembelajaran abad 21 kini diartikan sebagai pembelajaran yang tidak hanya berfokus kepada pengetahuan teori tetapi juga keterampilan. Keterampilan ini yang biasa disebut dengan keterampilan abad 21, salah satunya adalah 21st century learning skills. Keterampilan ini terdiri dari empat keterampilan yaitu keterampilan komunikatif, kolaboratif, berpikir kritis, dan kreatif. Guru dituntut untuk meningkatkan keterampilan ini kepada murid saat pembelajaran agar murid bisa siap di masa depan. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui persepsi guru Bahasa Inggris terhadap pengimplementasian 21st century learning skills di dalam kelas pembelajaran campuran. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif dengan dua guru Bahasa Inggris sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan jenis semi terstruktur dan dianalisis menggunakan tematik analisis dari transkrip wawancara partisipan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kedua partisipan mempersepsikan konsep 21st century learning skillssebagai guru secara positif dengan menggunakan beberapa kegiatan mengajar untuk memperkenalkan 21st century learning skills kepada murid di dalam kelas pembelajaran campuran Bahasa Inggris. Mereka juga memiliki strategi pengajaran sesuai kondisi kelas dan muridnya seperti menggunakan game-based strategy atau project-based strategy. Selain itu, pemanfaatan media digital sebagai alat pembelajaran juga disarankan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran abad 21 yang terintegrasi dengan teknologi. Kata kunci: keterampilan pembelajaran abad 21, pembelajaran campuran, persepsi guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:38
Last Modified: 06 Mar 2024 03:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12261

Actions (login required)

View Item View Item