ISLAMIC VALUES IN A SELECTED CHAPTER OF AN INDONESIAN ELT TEXTBOOK FOR ELEMENTARY LEVEL: A SYSTEMIC FUNCTIONAL MULTIMODAL DISCOURSE ANALYSIS

HILMIAH, ASRI SAMROTUL (2023) ISLAMIC VALUES IN A SELECTED CHAPTER OF AN INDONESIAN ELT TEXTBOOK FOR ELEMENTARY LEVEL: A SYSTEMIC FUNCTIONAL MULTIMODAL DISCOURSE ANALYSIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
2 APPROVAL SHEET.pdf

Download (73kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (24kB)
[img] Text
5 ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (140kB)
[img] Text
4 MOTTO.pdf

Download (68kB)
[img] Text
7 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (95kB)
[img] Text
6 PREFACE.pdf

Download (69kB)
[img] Text
8 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (29kB)
[img] Text
9 LIST OF TABLES.pdf

Download (5kB)
[img] Text
10 LIST OF FIGURES.pdf

Download (4kB)
[img] Text
11 LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (5kB)
[img] Text
12 CHAPTER 1.pdf

Download (104kB)
[img] Text
13 CHAPTER 2.pdf

Download (250kB)
[img] Text
14 CHAPTER 3.pdf

Download (183kB)
[img] Text
15 CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
16 CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
17 REFERENCES.pdf

Download (168kB)
[img] Text
18 ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19 Curriculum Vitae.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)

Abstract

Banyak kajian multikultural, antar budaya, dan trans budaya yang mengkaji pentingnya buku teks Bahasa Inggris sebagai sumber belajar. Namun, sedikit penelitian yang mengkaji secara langsung nilai-nilai Islam tertanam terutama dalam buku teks tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai-nilai keislaman dalam bab buku pelajaran Bahasa Inggris untuk sekolah SD Islam Indonesia. Desain penelitian analisis wacana dan metode pengumpulan data analisis dokumen digunakan. Setelah itu, penelitian ini menggunakan Analisis Wacana Multimodal Fungsional Sistemik (SF-MDA) oleh O'Halloran (2008) untuk menganalisis data visual dan tekstual untuk makna representasional dan transitivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data visual dan tekstual mencerminkan nilai-nilai Islam. Ketiga nilai Islam—akhlaq, adab, dan sunnah—direpresentasikan dalam data visual melalui proses naratif dan klasifikasi, sedangkan dalam data tekstual melalui proses material, mental, perilaku, dan relasional. Sebagaimana terdapat dalam buku teks, nilai-nilai Islam mencakup lima tema: mengutamakan etika dalam mencari ilmu, mengedepankan sikap positif terhadap kegiatan belajar mengajar, membiasakan masjid sebagai pusat ibadah dan peradaban umat Islam, mencari rezeki dan menjaga lingkungan alam sebagai tanggung jawab umat Islam, menekankan nilai-nilai pendidikan melalui ayat-ayat Al-Quran. Dari perspektif ini, pendekatan pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris harus melampaui bahasa dan struktur untuk membantu siswa memahami dan menafsirkan materi pengajaran. Pendidik juga harus menyadari bahwa buku teks Bahasa Inggris mempromosikan pembelajaran berbasis nilai yang mendukung tujuan kebijakan. Guru hendaknya mengetahui nilai-nilai keislaman dalam materi kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris. Penelitian ini memungkinkan guru berperan sebagai agen moral, membantu siswa menjunjung cita-cita Islam sesuai dengan tujuan pendidikan Islam nasional. Kata kunci: Nilai-nilai Agama Islam, Buku Teks, Bab Terpilih, Analisis Wacana Multimedia Fungsional Sistematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:48
Last Modified: 04 Mar 2024 06:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12226

Actions (login required)

View Item View Item