NAURAH, SARAH (2023) ANALISIS PENINGKATAN PENGGUNA SEPEDA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN IR. H. JUANDA KOTA BANDUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (54kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (685kB) |
|
Text
3. LEMBAR KEASLIAN.pdf Download (495kB) |
|
Text
4. ABSTRACT.pdf Download (10kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (72kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (88kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (64kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (91kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (908kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (332kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (70kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penilaian kinerja ruas jalan sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai pengguna lalu lintas untuk kehidupan sehari- hari. Banyak hal yang termasuk dalam kinerja ruas jalan yaitu kecepatan arus bebas, volume lalu lintas, kapasitas, dan derajat kejenuhan. Bersepeda di Kota Bandung kini sudah menjadi sebuah tren yang berakibat pada meningkatnya kebutuhan transportasi. Penelitian mengenai kinerja jalan dengan adanya lajur khusus sepeda dengan volume lalu lintas pada Jl Ir. H. Juanda Kota Bandung terbilang cukup padat dikarenakan jumlah volume kendaraan yang melintas sudah mendekati kapasitas yang dapat di tampung ruas jalan. Kondisi jalan sebelum dan sesudah adanya jalur sepeda tidak memiliki perbedaan signifikan dikarenakan sebelum adanya jalur sepeda kondisi jalan sudah hampir memenuhi kapasitas dan perbedaan jumlah hambatan samping yang sangat tipis. Analisis tingkat pelayanan dilakukan dengan menggunakan metode Bicycle Level of Service (BLOS), yang didasarkan pada faktor volume, faktor kecepatan, faktor kondisi perkerasan, dan faktor potongan melintang jalan pada lajur sepeda yang diamati pada hari Senin, hari Kamis dan hari Minggu. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pelayanan lajur sepeda pada Jl Ir. H. Juanda, Kota Bandung, adalah D atau keadaan lingkungan kurang untuk sepeda dengan kondisi yang dapat diterima oleh pengguna yang berpengalaman dan E atau keadaan lingkungan sangat kurang untuk sepeda dengan kondisi yang tidak dapat diterima oleh pengguna sepeda dengan berpengalaman dasar. Disimpulkan Jl. Ir. H. Juanda dengan lajur sepeda yang berada pada badan jalan dengan dan jumlah kendaraan bermotor yang tinggi diduga sebagai penyebab rendahnya tingkat pelayanan pada jalur sepeda yang ada. Kata Kunci : Bicycle Level of Service (BLOS), Derajat Kejenuhan ,Kinerja Ruas Jalan, Lajur Sepeda.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 07:07 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 07:07 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12016 |
Actions (login required)
View Item |