PUSPITA, GINA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen Di Kelas XI SMA Negeri 9 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover .pdf Download (33kB) |
|
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf Download (88kB) |
|
Text
03 Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf Download (77kB) |
|
Text
07 Ucapan Terimakasih.pdf Download (92kB) |
|
Text
04 Abstrak.pdf Download (11kB) |
|
Text
05 Abstract.pdf Download (11kB) |
|
Text
06 Kata Pengantar.pdf Download (80kB) |
|
Text
08 Daftar Isi.pdf Download (44kB) |
|
Text
09 Daftar Tabel.pdf Download (37kB) |
|
Text
10 Daftar Gambar.pdf Download (97kB) |
|
Text
11 Daftar Lampiran.pdf Download (36kB) |
|
Text
12 BAB 1.pdf Download (89kB) |
|
Text
13 BAB 2.pdf Download (565kB) |
|
Text
14 BAB 3.pdf Download (781kB) |
|
Text
15 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text
16 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
17 Daftar Pustaka.pdf Download (163kB) |
|
Text
18 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
19 Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep jaringan tumbuhan di kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 9 Tasikmalaya Tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 4 kelas dengan jumlah peserta didik 143 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, didapatkan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis menggunakan soal essay sebanyak 15 butir soal. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil anilisis menunjukan bahwa nilai signifikasi < 0,05. Temuan pada penelitian yaitu penggunaan model Argument Driven Inquiry dapat memberikan pengaruh yang baik dalam memaksimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep jaringan tumbuhan di kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Argument Driven Inquiry, Jaringan Tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 06:23 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 06:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11900 |
Actions (login required)
View Item |