PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI ANIMALIA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

FITDINIYAH, DINI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI ANIMALIA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (46kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (39kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (9kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
8.DAFTAR TABEL.pdf

Download (6kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (118kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (5kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (767kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi animalia di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian quasi experiment dengan desain penelitian matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya sebanyak 8 kelas dengan total 280 peserta didik. Sampel yang digunakan terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang dan kelas X MIPA 8 sebagai kelas kotrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa instrumen keterampilan proses sains berbentuk soal pilihan berganda 39 berkaitan dengan materi animalia. Uji hipotesis menggunakan uji t independen dengan nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0.000 < 0.05 sehingga H0 ditolak artinya ada pengaruh signifikan Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi animalia di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Kata kunci : Project Based Learning; Pendekatan Saintifik; Keterampilan Proses Sains; Animalia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:17
Last Modified: 17 Jan 2024 06:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11524

Actions (login required)

View Item View Item