FITDINIYAH, DINI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI ANIMALIA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (46kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (39kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (9kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (123kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) |
|
Text
8.DAFTAR TABEL.pdf Download (6kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (118kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (5kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (163kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (767kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi animalia di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian quasi experiment dengan desain penelitian matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya sebanyak 8 kelas dengan total 280 peserta didik. Sampel yang digunakan terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang dan kelas X MIPA 8 sebagai kelas kotrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa instrumen keterampilan proses sains berbentuk soal pilihan berganda 39 berkaitan dengan materi animalia. Uji hipotesis menggunakan uji t independen dengan nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0.000 < 0.05 sehingga H0 ditolak artinya ada pengaruh signifikan Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi animalia di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Kata kunci : Project Based Learning; Pendekatan Saintifik; Keterampilan Proses Sains; Animalia
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 06:17 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 06:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11524 |
Actions (login required)
View Item |