Destira, Krisda (2023) KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (75kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (498kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (194kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (184kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (150kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (65kB) |
|
Text
8. DAFTAR - DAFTAR.pdf Download (151kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (259kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (565kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah rendahnya kemampuan Berfikir Kreatif siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan Berfikir Kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran PjBL dengan PBL. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 7 Tasikmalaya sebanyak 207 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan 2 kelas eksperimen (PjBL dan PBL) dan menggunakan 1 kelas kontrol (konvensional) dengan total sampel 107 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes soal Essay sebanyak 10 soal. Pengolahan data dengan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test & uji Independent Sample T-test. Uji hipotesis perbedaan kemampuan berfikir kreatif siswa pada kelas eksperimen (PjBL dan PBL) dan kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan diperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan dengan model (PjBL dan PBL) serta model konvensional. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berfikir kreatif pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sesudah perlakuan. Implikasi penerapan model PjBL dan PBL lebih unggul dan mengalami peningkatan di bandingkan dengan model konvensional. Penerapan PjBL dan PBL dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam upaya meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Kata Kunci: problem based learning, project based learning, berfkir kreatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 08:23 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 08:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11429 |
Actions (login required)
View Item |