Solhah, Astuti Siti (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PERSUASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 2 Cipaku Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
4. ABESTRAK.pdf Download (4MB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (4MB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (37kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (4MB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4MB) |
|
Text
8. DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (4MB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (4MB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (4MB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (4MB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik SMP kelas VIII adalah teks persuasi yang tercantum dalam Kurikulum 2013 revisi. Materi teks persuasi terdapat pada kompetensi dasar 3.14, yakni menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca. 4.14, yakni menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Cipaku Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Cipaku. Hasil pengolahan data yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai prates dan pascates. Nilai rata-rata prates pada kelas eksperimen KD 3.14 adalah 73, sedangkan nilai rata-rata pascates adalah 83. Kemudian untuk KD 4.14 nilai rata-rata prates pada kelas eksperimen adalah 72. Sedangkan nilai rata-rata pascates adalah 82. Sementara itu, nilai rata-rata prates pada kelas kontrol KD 3.14 adalah 72. Sedangkan nilai rata-rata pascates adalah 81. Kemudian untuk KD 4.14 nilai rata-rata prates pada kelas kontrol adalah 69. Sedangkan nilai rata-rata pascates adalah 78. Hasil uji normalitas data menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks persuasi, ternyata diketahui berdistribusi normal dan tidak normal. Dengan demikian penghitungan data dilanjutkan dengan menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks persuasi diperoleh hasil Whitung (0) < 66 dalam taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Cipaku Tahun Ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 01:10 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 01:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11410 |
Actions (login required)
View Item |