Astuti, Dwi Fitriani (2023) SPENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Tarbiyatul Ummah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover Dwi Fitriani Astuti.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan Dwi.pdf Download (166kB) |
|
Text
3. Pernyataan Dwi Fitriani Astuti.pdf Download (97kB) |
|
Text
4. Abstract Dwi.pdf Download (108kB) |
|
Text
5. Abstarak Dwi Fitriani Astuti.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. Kata pengantar Dwi Fitriani Astuti.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. Daftar isi Dwi Fitriani Astuti.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. Daftar Tabel Dwi Fitriani Astuti.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. Daftar Lampiran Dwi Fitriani Astuti.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. Daftar Gambar Dwi Fitriani Astuti.pdf Download (2MB) |
|
Text
11. Daftar Gerafik Dwi Fitriani Astuti.pdf Download (2MB) |
|
Text
12. BAB 1 Dwi Fitriani Astuti.pdf Download (2MB) |
|
Text
13. BAB 2 Dwi Fitriani Astuti.pdf Download (2MB) |
|
Text
14. BAB 3 Dwi Fitriani Astuti.pdf Download (2MB) |
|
Text
15. BAB 4 Dwi Fitriani Astuti.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
16. BAB 5 Dwi Fitriani Astuti.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka Dwi Fitriani Astuti.pdf Download (2MB) |
|
Text
18. Biodata Dwi Fitriani Astuti.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
19. Lampiran Dwi Fitriani Astuti.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Menelaah dan menyajikan teks deskripsi merupakan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 revisi yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP. Namun kenyataannya, di SMP Islam Tarbiyatul Ummah Kota Tasikmalaya masih banyak peserta didik yang belum menguasai kompetensi menelaah dan menyajikan teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Two Stay Two Stray meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Islam Tarbiyatul Ummah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik tes, teknik wawancara dengan sumber data yaitu peserta didik kelas VII A SMP Islam Tarbiyatul Ummah Kota Tasikmlaya tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat perubahan signifikan dari siklus satu ke siklus dua. Siklus kesatu aspek pengetahuan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi peserta didik yang sudah mencapai KKB sebanyak 11 peserta didik (39%) dan peserta didik yang belum mencapai KKB sebanyak 17 peserta didik (61%). Pada aspek keterampilan peserta didik yang sudah mencapai KKB sebanyak 13 peserta didik (46%) dan peserta didik yang belum mencapai KKB sebanyak 15 peserta didik (54%). Pada siklus kedua aspek pengetahuan dan keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 28 orang (100%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 73. Hasil uji statistik Wilcoxon terhadap data di atas menunjukkan bahwa Whitung = 0 Wtabel (89,9). Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri Islam Tarbiyatul Ummah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 07:18 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 07:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11337 |
Actions (login required)
View Item |