ANALISIS MISKONSEPSI MENGGUNAKAN THREE TIER TEST PADA MATERI PECAHAN DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK

ALFIANA, DINA (2023) ANALISIS MISKONSEPSI MENGGUNAKAN THREE TIER TEST PADA MATERI PECAHAN DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN & SURAT KETERANGAN.pdf

Download (599kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (425kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (683kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (538kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang dialami peserta didik pada materi pecahan berdasarkan self-confidence tinggi, sedang dan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dengan diagnostik three tier test, angket self-confidence dan wawancara. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu soal tes pemahaman konsep dengan diagnostik three tier test dan angket self-confidence. Subjek penelitian adalah 3 orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Wanareja yang mengalami miskonsepsi pada materi pecahan dan diambil mengunakan teknik purposive. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu menggunakan metode membandingkan hasil pengerjaan soal tes pemahaman konsep diagnostik three tier test, angket self-confidence dan wawancara pada subjek yang terpilih. Hasil penelitian ini yaitu Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dengan self-confidence tinggi yaitu Miskonsepsi klasifikasional diantaranya miskonsepsi pada konsep mengklasifikasikan pecahan sejati. Miskonsepsi korelasional diantaranya miskonsepsi pada konsep merepresentasikan nilai pecahan berdasarkan sebuah gambar. Miskonsepsi Teoritikal diantaranya miskonsepsi cara mencari nilai KPK. Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dengan dengan self�confidence sedang yaitu miskonsepsi klasifikasional diantaranya miskonsepsi pada konsep mengklasifikasikan pecahan ekuivalen. Miskonsepsi korelasional diantaranya miskonsepsi pada konsep mengaitkan konsep pecahan dengan konsep KPK. Miskonsepsi Teoritikal diantaranya miskonsepsi pada konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan. Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dengan self�confidence rendah yaitu miskonsepsi klasifikasional diantaranya miskonsepsi pada konsep mengklasifikasikan pecahan sejati. Miskonsepsi korelasional diantaranya miskonsepsi pada konsep merepresentasikan nilai pecahan berdasarkan sebuah gambar. Peserta didik dengan self-confidence rendah tidak memahami konsep mengklasifikasikan pecahan ekuivalen, tidak memahami konsep operasi hitung penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian pecahan, serta tidak memahami konsep mengaitkan konsep pecahan dengan konsep KPK. Kata kunci: Miskonsepsi, Self-Confidence, Pecahan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:10
Last Modified: 08 Dec 2023 02:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11290

Actions (login required)

View Item View Item