NURMALA, OIS (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WIMBA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 1 Cikalong Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf.pdf Download (47kB) |
|
Text
02. PENGASAHAN.pdf Download (68kB) |
|
Text
03. PERNYATAAN.pdf Download (61kB) |
|
Text
04. ABSTRACT.pdf Download (116kB) |
|
Text
04.ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text
05.KATA PENGANTAR.pdf Download (119kB) |
|
Text
06. DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) |
|
Text
07. BAB 1.pdf Download (93kB) |
|
Text
08. BAB 2.pdf Download (382kB) |
|
Text
08. BAB 2.pdf Download (382kB) |
|
Text
09. BAB 3.pdf Download (826kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
|
Text
11.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
|
Text
13. SILABUS BIOLOGI XI.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
|
Text
14. RPP WIMBA.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
Text
15. LKPD WIMBA.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
Text
16. RPP DI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
17. LKPD DI.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
18. DATA PENELITIAN BERPIKIR KRITIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
|
Text
20. INSTRUMEN & RUBRIK.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
Text
21. VALIDITAS DAN RELIABILITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
Text
22. SOAL PRETEST POSTEST OIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
Text
23. DATA PENELITIAN BERPIKIR KRITIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text
24. SKOR BERPIKIR KRITIS TIAP INDIKATOR.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
|
Text
25.PENGUJIAN PRASYARAT ANALISIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
|
Text
26.TABEL STATISTIKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan peneitian yang ingin dicapai penulis adaah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran WIMBA terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep Jaringan Tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 1 Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Peneitian ini di laksanakan Pada bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan november 2018 di SMA Negeri 1 Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 1 Cikalong Kabupaten Tasikmalaya sebanyak empat kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 135 orang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil secara cluster random yaitu kelas XI IPA 1 sebanyak 34 peserta didik dan kelas XI IPA 2 sebanyak 34 peserta didik. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan berpikir kritis pada konsep Jaringan Tumbuhan. Tes ini berupa tes uraian sebanyak 16 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 5 %. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Model WIMBA terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Konsep Jaringan Tumbuhan di Kelas XI SMA Negeri 1 Cikalong Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Temuan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran wimba dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada indikator memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, membuat inferensi, dan membuat penjelasan lebih lanjut. Kata kunci : model WIMBA, Jaringan Tumbuhan, dan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 06:10 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 06:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11229 |
Actions (login required)
View Item |