Andriyanto, Doni (2023) IMPLEMENTASI STANDAR PENGUMPULAN DAN PENGELOLAAN DATA MUTU LAYANAN KLINIS SEBAGAI STANDAR PENILAIAN AKREDITASI DI PUSKESMAS TAMANSARI TAHUN 2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 cover.pdf Download (37kB) |
|
Text
2 lempar persetujuan.pdf Download (137kB) |
|
Text
3 lembar pengesahan.pdf Download (156kB) |
|
Text
7 pernyataan penullis.pdf Download (93kB) |
|
Text
9 abstrak.pdf Download (11kB) |
|
Text
8 kata pengantar.pdf Download (122kB) |
|
Text
4 daftar isi.pdf Download (125kB) |
|
Text
5 daftar tabel.pdf Download (4kB) |
|
Text
6 daftar gambar.pdf Download (4kB) |
|
Text
10 bab I.pdf Download (138kB) |
|
Text
11 bab II.pdf Download (374kB) |
|
Text
12 bab III.pdf Download (145kB) |
|
Text
13 bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
|
Text
14 bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
15 bab VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
Text
16 daftar pustaka.pdf Download (124kB) |
|
Text
17 lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
18 daftar riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
Abstract
Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis dari dinas kesehatan Kabupaten/Kota yang betanggungjawab meningkatkan kesehatan di wilayahnya. Salah satu bentuk penjaminan mutu pelayanan di Puskesmas dilakukan dengan melakukan akreditasi. Puskesmas Tamansari merupakan Puskesmas yang sudah terakreditasi dengan status dasar. Salah satu standar yang belum terpenuhi di Puskesmas Tamansari adalah pengumpulan dan pengelolaan data mutu layanan klinis. Penetilian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Puskesmas Tamansari mengimplementasikan standar pengumpulan dan pengelolaan data mutu layanan klinis. Pendekatan penelitian ini menggunakan jenis penelitian secara kualitatif dengan studi kasus. Responden dari penelitian ini terdiri dari Kepala Puskesmas, Penanggung Jawab Mutu, Penanggung Jawab UKP, dan Kepala Tata Usaha. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Puskesmas Tamansari sudah mengimplementasikan pengumpulan dan pengelolaan data mutu layanan klinis. Hal ini dibuktikan dengan terdapatnya kebijakan mengenai indikator mutu layanan klinis, dilakukannya pengukuran indikator mutu layanan klinis, dan dilakukannya evaluasi data hasil pengukuran indikator mutu layanan klinis. Dalam pengimplementasiannya juga dilaksanakan dengan baik dimana dilakukan komunikasi, terdapat sumber daya yang ditetapkan, struktur birokrasi yang jelas, dan dukungan yang kuat dari Kepala Puskesmas Tamansari. Saran untuk Puskesmas Tamansari yaitu merapihkan setiap dokumen kebijakan yang telah disepakati, dokumen hasil pengukuran dan hasil evaluasi serta tindak lanjut yang akan dilaksanakan. Selain itu, Puskesmas Tamansari harus mengumpulkan dokumentasi bukti kegiatan penetepan indikator mutu layanan klinis, pengukuran indikator mutu layanan klinis, evaluasi mutu layananan klinis, dan bukti tindak lanjut yang telah dilaksanakan untuk mempersiapkan survei akreditasi selanjutnya. Kata Kunci: Akreditasi Puskesmas, Mutu Layanan Klinis, Implementasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 07:34 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 07:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11196 |
Actions (login required)
View Item |