Hasanah, Ai Nidaul (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Studi QuasiEksperimen Pada Materi Perubahan Iklim Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMAN 1 Sodonghilir). Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (161kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (99kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
04 ABSTRA.pdf Download (155kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (368kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (375kB) |
|
Text
06 DAFTAR TABEL.pdf Download (307kB) |
|
Text
07 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (267kB) |
|
Text
08 BAB 1.pdf Download (427kB) |
|
Text
09 BAB 2.pdf Download (873kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (776kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Sodonghilir dengan ditandai oleh perolehan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dapat mempengaruhi minat belajar siswa dan apakah penggunaan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa di SMAN 1 Sodonghilir. Penelitian ini menggunakan model quasi eksperimen Nonequivalent Kontrol Group Design. Teknik pengumpulan data menggunaankan Studi literatur, dokumenter, observasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMAN 1 Sodonghilir, yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah peserta didik seluruhnya 61 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengambilan sampel ini digunakan untuk menentukan dua kelas yang akan dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dari populasi yang ada. Metode analisis data yang digunakan adalah Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) terhadap minat belajar siswa adalah 0,000 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) terhadap minat belajar siswa. Nilai signifikansi (2-tailed) model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar kognitif siswa adalah 0,000 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kata Kunci: Metode Group Investigation, Minat Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 07:24 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 07:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10932 |
Actions (login required)
View Item |