Erlangga, Erlangga (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING (Studi eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk peserta didik kelas XI IPS 1 MA Idrisiyyah Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (537kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (719kB) |
|
Text
3. Pernyataan Orsinil.pdf Download (199kB) |
|
Text
4 ABSTRACT.pdf Download (105kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar Daftar Gambar.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. Bab I.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (7MB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
Abstract
Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan IImu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah Bimbingan Rendra Gumilar, S.Pd.M.Pd. dan Bentanika Nila Nirbita,S.Pd.M.Pd. Masalah dalam, penelitian ini adalah masih rendahnya Critical Thingking (kemampuan berpikir kritis) peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media ICT dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI MA Idrisiyyah tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Pre-Eksperimen The One Grup Petest-posttest Design dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Populasi dan simple dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dengan jumlah 21 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang merujuk kepada ranah kognitif. Hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan peningkatan rata-rata nilai pretest yaitu 22,14 menjadi nilai possest yaitu 74,76. Berdasarkan perolehan rerata N-Gain diperoleh adalah 0,67. Selain itu berdasarkan uji paired samples T Test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,00 < 0,05. Dari hasil analisis dan perhitungan tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran problem Based Learning baerbantuan media ICT efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini terjadi karena dalam prosesnya pembelajaran lebih berpusat kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat lebih aktif membangun pengetahuan melalui proses diskusi satu sama lain. Kata kunci: Critical Thingking, Ploblem Based Learning, Media ICT
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 07:51 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 07:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10811 |
Actions (login required)
View Item |