PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING (Studi eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk peserta didik kelas XI IPS 1 MA Idrisiyyah Tahun Ajaran 2022/2023)

Erlangga, Erlangga (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING (Studi eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk peserta didik kelas XI IPS 1 MA Idrisiyyah Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (537kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (719kB)
[img] Text
3. Pernyataan Orsinil.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4 ABSTRACT.pdf

Download (105kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar Daftar Gambar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (7MB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan IImu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah Bimbingan Rendra Gumilar, S.Pd.M.Pd. dan Bentanika Nila Nirbita,S.Pd.M.Pd. Masalah dalam, penelitian ini adalah masih rendahnya Critical Thingking (kemampuan berpikir kritis) peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media ICT dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI MA Idrisiyyah tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Pre-Eksperimen The One Grup Petest-posttest Design dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Populasi dan simple dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dengan jumlah 21 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang merujuk kepada ranah kognitif. Hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan peningkatan rata-rata nilai pretest yaitu 22,14 menjadi nilai possest yaitu 74,76. Berdasarkan perolehan rerata N-Gain diperoleh adalah 0,67. Selain itu berdasarkan uji paired samples T Test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,00 < 0,05. Dari hasil analisis dan perhitungan tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran problem Based Learning baerbantuan media ICT efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini terjadi karena dalam prosesnya pembelajaran lebih berpusat kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat lebih aktif membangun pengetahuan melalui proses diskusi satu sama lain. Kata kunci: Critical Thingking, Ploblem Based Learning, Media ICT

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:51
Last Modified: 30 Aug 2023 07:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10811

Actions (login required)

View Item View Item