STUDI KOMPARATIF METODE PENUGASAN (RESITASI) DAN METODE PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022)

NIRWANA, RIKA DEWI (2022) STUDI KOMPARATIF METODE PENUGASAN (RESITASI) DAN METODE PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (130kB)
[img] Text
2 PENGESAHAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
3 PERSETUJUAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4 PERNYATAAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
6 ABSTRACT.pdf

Download (67kB)
[img] Text
7 KATA PENGANTAR DAFTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (436kB)
[img] Text
9 BAB 2.pdf

Download (792kB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (890kB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
13 DAPUS (1).pdf

Download (296kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN_merged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat kemampuan berpikir kritis siswa yang masih rendah dalam proses pembelajaran di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes (pretasi dan posttest). Adapun teknik analisis yang di gunakan dalam uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotensi dan effect size. Desain penelitian yang digunakan dalah Pretest-Posttest Nonequivalent Multiple Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 181 siswa. Teknik sampel yang digunakan yakni teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 72 siswa. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa penerapan metode penugasan (Resitasi) dan metode peer tutoring dalam proses pembelajaran mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa pada pengujian awal dan pengujian akhir. Peningkatan kemampuam berpikir kritis siswa yang menggunakan metode penugasan (Resitasi) adalah sebesar 0,324. Dan peningkatan untuk kelas dengan metode peer tutoring (Tutor Sebaya) sebesar 0,329. Sedangkan hasil penelitian terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode peer tutoring setelah pengujian akhir diperoleh nilai t hitung sebesar -0.182 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas yang menggunakan metode peer tutoring. Kata Kunci : Resitasi, Peer Tutoring, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:51
Last Modified: 30 Aug 2023 07:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10807

Actions (login required)

View Item View Item