KINASIH, YUNISA FAZRIA (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DENGAN APLIKASI TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA PADA MATERI KERAJAAN HINDU BUDHA DI INDONESIA DI KELAS X IPS 4 SMAN 4 KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (181kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (467kB) |
|
Text
3. LEMBAR TTD PENGUJI.pdf Download (358kB) |
|
Text
4. PERNYATAN.pdf Download (326kB) |
|
Text
5. ASBTRAK.pdf Download (159kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (276kB) |
|
Text
7. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (269kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (292kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (419kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (314kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai penggunaan media pembelajaran video dengan aplikasi Tiktok dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia di Kelas X IPS 4 SMAN 4 Kota Tasikmalaya. Latar belakang penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan teknologi yaitu aplikasi Tiktok dapat digunakan sebagai media pembelajaran serta untuk mengetahui aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran yaang disampaikan oleh guru. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penggunakan media pembelajaran video dengan aplikasi Tiktok dalam pembelajaran sejarah Indonesia pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia di kelas X IPS 4 SMAN 4 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif naturalistik. Subjek dan objek dalam penelitian ini yaitu guru sejarah Indonesia dan siswa kelas X IPS 4 SMAN Kota Tasikmalaya. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, dengan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu guru mempersiapkan perangkat pembelajaran termasuk media pembelajaran video dengan aplikasi Tiktok yang akan ditayangkan ketika guru mengajar di kelas. Selain itu, penggunaan media pembelajaran video dengan aplikasi Tiktok dilakukan ketika presentasi kelompok yang dilakukan oleh siswa setelah sebelumnya mereka mencoba membuat video yang kemudian di upload di aplikasi Tiktok. Penggunaan media pembelajaran video dengan aplikasi Tiktok juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan penggunaan media pembelajaran video dengan aplikasi Tiktok diantaranya pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami, sedangkan kekurangannya diantaranya isi materi kurang mendetail karena video yang singkat dan perlunya jaringan internet yang stabil. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video, Tiktok, Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 03:31 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 03:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10604 |
Actions (login required)
View Item |