SYAHFI, SOVI AYUDIA (2023) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN BIANGLALA KARNAVAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI GERAK MELINGKAR (Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (73kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (11kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAH KASIH.pdf Download (135kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (408kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (209kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (207kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (210kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (251kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (704kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai dan dipelajari dalam jenjang SMA/MA, khususnya jurusan IPA. Dalam pelajaran fisika terdapat materi yang harus dipahami, penggunaan rumus, dan praktikum. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah pemahaman konsep. Pemahaman konsep sangat diperlukan dalam pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan menguji signifikansi model creative problem solving dengan berbantuan media permainan bianglala karnaval terhadap pemahaman konsep pada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Tasikmalaya dengan metode deskriptif – kuantitatif, dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya, dengan sampel sebanyak dua kelas X MIPA. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling, dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan pretest – posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Cara mengambil data dari tujuan penelitian, maka peserta didik akan mengisi pretest dan posttest, kemudian peserta didik akan melakukan praktikum sederhana dengan menggunakan media permainan bianglala karnaval pada kelas eksperimen. Kelas eksperimen pada penelitian yaitu kelas X MIPA 2, sedangkan kelas kontrol X MIPA 1. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa soal pretest dan posttest berindikator pemahaman konsep, dengan bentuk soal pilihan ganda (PG) yang sudah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda.Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji – t, dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil thitung > ttabel (3,47 > 1,67), itu artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model creative problem solving (CPS) berbantuan media permainan bianglala karnaval terhadap pemahaman konsep pada materi gerak melingkar. Kata kunci: Gerak Melingkar, Model Creative Problem Solving, dan Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 08:02 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 08:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10596 |
Actions (login required)
View Item |