PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN BIANGLALA KARNAVAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI GERAK MELINGKAR (Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

SYAHFI, SOVI AYUDIA (2023) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN BIANGLALA KARNAVAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI GERAK MELINGKAR (Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (11kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAH KASIH.pdf

Download (135kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (408kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (209kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (207kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (704kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai dan dipelajari dalam jenjang SMA/MA, khususnya jurusan IPA. Dalam pelajaran fisika terdapat materi yang harus dipahami, penggunaan rumus, dan praktikum. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah pemahaman konsep. Pemahaman konsep sangat diperlukan dalam pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan menguji signifikansi model creative problem solving dengan berbantuan media permainan bianglala karnaval terhadap pemahaman konsep pada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Tasikmalaya dengan metode deskriptif – kuantitatif, dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya, dengan sampel sebanyak dua kelas X MIPA. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling, dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan pretest – posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Cara mengambil data dari tujuan penelitian, maka peserta didik akan mengisi pretest dan posttest, kemudian peserta didik akan melakukan praktikum sederhana dengan menggunakan media permainan bianglala karnaval pada kelas eksperimen. Kelas eksperimen pada penelitian yaitu kelas X MIPA 2, sedangkan kelas kontrol X MIPA 1. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa soal pretest dan posttest berindikator pemahaman konsep, dengan bentuk soal pilihan ganda (PG) yang sudah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda.Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji – t, dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil thitung > ttabel (3,47 > 1,67), itu artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model creative problem solving (CPS) berbantuan media permainan bianglala karnaval terhadap pemahaman konsep pada materi gerak melingkar. Kata kunci: Gerak Melingkar, Model Creative Problem Solving, dan Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Aug 2023 08:02
Last Modified: 15 Aug 2023 08:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10596

Actions (login required)

View Item View Item