SADIDAH, SALMA (2023) PENGARUH KUIS SEJARAH BERBASIS WORDWALL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI KERAJAAN KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA DI KELAS X 6 SMAN 1 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (164kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (96kB) |
|
Text
3 KETERANGAN REVISI SKRIPSI.pdf Download (124kB) |
|
Text
4.PERNYATAAN.pdf Download (107kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text
6.ABSTRACT (1).pdf Download (5kB) |
|
Text
7 KATA PENGANTAR.pdf Download (146kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (305kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (368kB) |
|
Text
10.DAFTAR TABEL.pdf Download (342kB) |
|
Text
11.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (13kB) |
|
Text
12.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (207kB) |
|
Text
13.BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
14 BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
15 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
17 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) |
|
Text
16BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
18.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
19.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Proses pembelajaraan pada kurikulum merdeka mengharuskan siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi keadaan siswa di kelas X 6 SMAN 1 TASIKMALAYA kurang aktif saat pembelajaran. Siswa yang masih menyesuaikan diri dengan tuntutan baru dalam kurikulum merdeka sehingga di perlukan media pembelajaran yang interaktif untuk bisa meningkatkan keaktifkan belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan metode Quasi Experimental Desain tipe Non Equvalent control grup desaign. Teknik sampling penelitian ini mengggunakan teknik Purposive sampling. Instrumen untuk mengukur keaktifan siswa menggunakan instrumen angket yang akan diberikan kepada siswa untuk diisi sebelum dan sesudah penerapan kuis sejarah berbasis wordwall. Siswa yang dujadikan populasi adalah siswa kelas X di SMA I TASIKMALAYA berjumlah 426 orang siswa dengan penetuan sampel yang berasal dari kelas X 6 sebagai kelas eksperimen dan x 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 orang siswa, data yang sudah terkumpul akan dianalisis menggunakan SPSSS 26.0 for window dengan melalui tahap uji normalisasi, uji reabilitas , uji homogenitas dan uji hipotesis. Penelitian ini mencapai hasil uji hipotensis dengan nilai signifikasi 0,000<0,05 atau terdapat pengaruh kuis sejarah berbasis wordwall terhadap keaktifan belajar siswa. kata kunci keaktifan belajar, kuis sejarah, wordwall
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 00:51 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 00:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10556 |
Actions (login required)
View Item |