FIKRI, ELY KHUZATUL (2023) PENGGUNAAN MEDIA CHATBOT DALAM MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (35kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (95kB) |
|
Text
3. LEMBAR REVISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (92kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (63kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (208kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (69kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (94kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (522kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (368kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi penggunaan media chatbot dalam model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian menggunakan metode Quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest dalam bentuk soal pilihan ganda. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 7 Tasikmalaya sejumlah 208 siswa. Sampel diambil berdasarkan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest sebesar 41,82 dan nilai posttest sebesar 81,56. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata pretest sebesar 35,29 dan nilai rata-rata posttest sebesar 76,74. (3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perbandingan nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih besar daripada nilai rata-rata n-gain kelas kontrol yaitu sebesar 0,69 dan 0,63. Sehingga, dapat disimpulkan penggunaan media chatbot dalam model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Chatbot, Direct Instruction, Media
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:47 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10467 |
Actions (login required)
View Item |