ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS

KAMILA, MILA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER FIX.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (175kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (39kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN .pdf

Download (251kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR ISI - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

MILA KAMILA. 2023. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari kecerdasan logis matematisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis, penyebaran angket kecerdasan logis matematis, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini merupakan tiga orang peserta didik kelas VIII J SMP Negeri 14 Tasikmalaya yang memberikan jawaban mengenai kecerdasan logis matematis konsisten. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa S-8 dengan profil kecerdasan logis matematis paling dominan mampu memahami soal dengan baik dan mampu menuliskan ide yang digunakan dalam menyelesaikan soal menggunakan bahasa matematika secara tertulis dan dapat menjelaskannya menggunakan bahasa sehari-hari dengan tepat dan jelas, mampu merefleksikan ide dan informasi yang telah diperoleh ke dalam bentuk grafik dengan tepat meskipun terdapat sedikit kesalahan pada titik awal dan akhir pada rute serta mampu mengekspresikan ide matematika ke dalam simbol matematika dan melakukan langkah perhitungan dengan tepat dan rinci. S-15 yang memenuhi 4 karakteristik pada indikator 1, 4 karakteristik pada indikator 2, dan 1 karakteristik pada indikator 3 kecerdasan logis matematis mampu memahami soal dengan baik dan dapat menjelaskan ide menggunakan bahasa sehari-hari dengan tepat, mampu merefleksikan ide dan informasi ke dalam bentuk grafik dengan tepat, tetapi mengalami kesulitan dalam melakukan langkah perhitungan yang membuatnya tidak mendapatkan kesimpulan atau penyelesaian yang tepat. S-3 yang memenuhi 1 karakteristik pada indikator 1, 1 karakteristik pada indikator 2, dan 2 karakteristik pada indikator 3 kecerdasan logis matematis hanya mampu memahami soal serta mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan kemudian menjelaskan ide penyelesaian dengan menggunakan bahasa sendiri tetapi tidak mampu untuk merefleksikan ide atau informasi yang diperoleh ke dalam grafik dan tidak mampu membuat model matematika serta menggunakan rumus yang tidak tepat sehingga langkah perhitungan yang dilakukan tidak sampai pada tahap penyelesaian. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kecerdasan Logis Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:15
Last Modified: 04 Aug 2023 01:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10280

Actions (login required)

View Item View Item