PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON

ALFAUZI, MUHAMMAD NURKHOLIS DZIKRI (2023) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (316kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text
4. ABSTRAC.pdf

Download (529kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (246kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (389kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (499kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (498kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (498kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (621kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (901kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (875kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Nurkholis Dzikri Alfauzi. 2023. PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dibuktikan dengan hasil tes uraian keterampilan berpikir kritis pada materi hukum newton. Kurangnya kemampuan menganalisis menyebabkan peserta didik sulit untuk membedakan Hukum Newton, peserta didik juga belum bisa memfokuskan pertanyaan dan menganalisis argumen sehingga kesulitan dalam menjawab soal uraian keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Hukum Newton. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian post-test only control group design. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPA sebanyak 7 kelas dengan jumlah 306 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan cluster random sampling yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk essay dengan jumlah soal 8 butir yang mencakup 5 indikator keterampilan berpikir kritis pada materi hukum newton. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik yaitu uji t dengan taraf signifikansi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:01
Last Modified: 31 Jul 2023 03:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10156

Actions (login required)

View Item View Item