ALIYANI, RANTI (2023) PENGARUH PENYESUAIAN DIRI, MOTIVASI BERPRESTASI DAN RESILIENSI AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survey Pada Peserta didik dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (170kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (474kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (225kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (285kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (464kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (464kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (590kB) |
|
Text
8. BAB IIII.pdf Download (470kB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang terdapat di SMA Negeri 1 Singaparna, yakni tentang prestasi belajar peserta didik yang rendah. Hal tersebut ditunjukkan oleh banyaknya peserta didik yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditentukan pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri, motivasi berprestasi dan resiliensi akademik terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode survey desain eksplanatori. Populasi penelitian merupakan peserta didik kelas X yang berjumlah 368 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik probability sampling jenis proportional simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin, kemudian diperoleh sampel sebanyak 192 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penyesuaian diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik 2) motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik 3) resiliensi akademik berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik 4) penyesuaian diri, motivasi berprestasi dan resiliensi akademik berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Prestasi, Penyesuaian Diri, Motivasi, Resiliensi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 01:51 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 01:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10038 |
Actions (login required)
View Item |