KANIA, SALMA (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUKAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI PERUBAHAN IKLIM GLOBAL DI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 CISAYONG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (64kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (141kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (130kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (86kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (101kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (71kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (69kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (70kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (118kB) |
|
Text
13 BAB II.pdf Download (307kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (351kB) |
|
Text
15 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
16 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pengetahuan siswa dalam berpikir kritis belum terlihat karena masih ada yang berpatokan jawaban pada buku. Sekitar 40% siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) untuk mengetahui tahapan penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantukan Media canva untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Perubahan Iklim Global di kelas X IPS SMA Negeri 1 Cisayong (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantukan Media canva dalam meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Perubahan Iklim Global di kelas X IPS SMA Negeri 1 Cisayong. Metode Penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 orang dengan teknik pengambilan secara Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan bahwa tahapan model project Based Learning berbantukan media canva terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yaitu: Pertanyaan mendasar, perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitoring siswa, penilaian, dan evaluasi. Model Project Based Learning berbantukan Media canva berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil Uji wilcoxon 0,001<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Model Project Based Learning berbantukan Media canva berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X IPS SMA Negeri 1 Cisayong pada mata pelajaran geografi materi perubahan iklim global, semakin baik dalam menggunakan model dan media tersebut, maka semakin tinggi kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Model Project Based Learning,Media, Canva, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 07:43 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 07:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9974 |
Actions (login required)
View Item |