SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L)

MI’RAZ, RIZAL (2023) SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (473kB)
[img] Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text
02.LEMBAR BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (298kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
05. ABSTRACT.pdf

Download (440kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (373kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (465kB)
[img] Text
08. DAFTAR TABEL.pdf

Download (355kB)
[img] Text
09. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (278kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (801kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (423kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (222kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
16. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

ABSTRAK SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L) Oleh Rizal Mi’raz NPM 185009046 Dosen Pembimbing H. D. Yadi Heryadi Hendar Nuryaman Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, fungsi lembaga pemasaran, besarnya biaya, keuntungan, margin dan farmer share. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Survei. Objek penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu saluran pemasaran cabai rawit di Desa Cisurupan Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut dilakukan pada bulan Agustus 2022 sampai Maret 2023. Responden ditentukan dengan menggunakan snowball sampling, dan data yang diambil berupa data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran Cabai Rawit yaitu: saluran I merupakan saluran 3 tingkat; produsen → pedagang pengumpul → pedagang besar → pedagang pengecer → konsumen akhir. Saluran II merupakan saluran 2 tingkat; produsen → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen akhir. Saluran III merupakan saluran 1 tingkat; produsen → pedagang pengecer → konsumen akhir. Total biaya pemasaran saluran I Rp. 7.194/kg, saluran II Rp. 3.575/kg. saluran III Rp. 1.734/kg. Total keuntungan pemasaran saluran I Rp. 13.094/kg, saluran II Rp. 12.925/kg. saluran III Rp. 8.266/kg. Total margin pemasaran pada saluran I Rp. 20.287/kg, saluran II Rp. 16.500/ kg. saluran III Rp. 10.000/kg. Farmer share pada saluran I 59,90 persen, saluran II 65,26 persen dan saluran III 80 persen. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Fungsi Pemasaran, Cabai Rawit, Farmer’s Share

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 May 2023 07:30
Last Modified: 19 May 2023 07:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9176

Actions (login required)

View Item View Item