HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNITIF DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN ( Studi Korelasional di Kelas X MIA MA Fat-Hiyyah Al Idrisiyyah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

AISYAH, SITI (2021) HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNITIF DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN ( Studi Korelasional di Kelas X MIA MA Fat-Hiyyah Al Idrisiyyah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
FIX SKRIPSI A4 PRINT_SITI AISYAH-1.pdf

Download (21kB)
[img] Text
FIX SKRIPSI A4 PRINT_SITI AISYAH-2.pdf

Download (5kB)
[img] Text
FIX SKRIPSI A4 PRINT_SITI AISYAH-4-5.pdf

Download (118kB)
[img] Text
FIX SKRIPSI A4 PRINT_SITI AISYAH-6-14.pdf

Download (269kB)
[img] Text
FIX SKRIPSI A4 PRINT_SITI AISYAH-15-21.pdf

Download (146kB)
[img] Text
FIX SKRIPSI A4 PRINT_SITI AISYAH-22-31.pdf

Download (156kB)
[img] Text
FIX SKRIPSI A4 PRINT_SITI AISYAH-32-47.pdf

Download (376kB)
[img] Text
FIX SKRIPSI A4 PRINT_SITI AISYAH-48-69.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
FIX SKRIPSI A4 PRINT_SITI AISYAH-70-71.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
FIX SKRIPSI A4 PRINT_SITI AISYAH-72-76.pdf

Download (244kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Aisyah. 2021. HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNITIF DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN PESERTA DIDIK PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN ( STUDI KORELASIONAL DI KELAS X MIA MA FAT-HIYYAH AL IDRISIYYAH KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesadaran metakognitif dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X MIA MA Fat-Hiyyah Al Idrisiyyah Kabupaten Tasikmalaya pada konsep pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh kelas X MIA MA Fat-Hiyyah Al Idrisiyyah Kabupaten Tasikmalaya 2020/2021 yang terdiri 34 peserta didik. Sampel yang diambil dilakukan secara total sampling sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yang sudah divalidasi yaitu instrumen Metacognitive Awareness Inventory sebanyak 30 pernyataan dengan 4 skala penilaian menggunakan skala likert untuk mengukur kesadaran metakognitif, dan 10 butir soal berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat normalitas dengan menggunakan uji One Sample Kolmogorov Smirnov, uji linearitas , serta uji hipotesis regresi korelasi menggunakan uji Pearson correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kesadaran metakognitif dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada konsep pencemaran lingkungan dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,745, yang artinya terdapat hubungan yang kuat. Kontribusi kemampuan metakognitif dengan kemampuan pemecahan masalah adalah 55,4%. Kata kunci: Korelasi; Kesadaran Metakognitif; Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:18
Last Modified: 15 Mar 2023 03:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8876

Actions (login required)

View Item View Item