EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN INFORMASI TEKS EKSPLANASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Puspahiang Tahun Ajar 2019/2020)

MAULIDIA, LENI (2021) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) DALAM PEMBELAJARAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN INFORMASI TEKS EKSPLANASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Puspahiang Tahun Ajar 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER LENI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN LENI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
ABSTRAK-WPS Office.pdf

Download (64kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR LENI MAULIDIA.pdf

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR ISI LENI MAULDIA.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL LENI MAULIDIA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR-WPS Office.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN LENI MAULIDIA.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORETIS LENI MAULIDIA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN LENI MAULIDIA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV LENI MAULIDIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN LENI MAULIDIA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA BLENI MAULIDIA.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Leni Maulida, 142121131. “Efektivitas Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) dalam Pembelajaran Menelaah dan Menyajikan Informasi Teks Eksplanasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Puspahiang Tahun Ajar 2019/2020).” Penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran, cenderung menggunakan metode pembelajaran yang sama dalam setiap pertemuan, hal ini akan menyebabkan proses pembelajaran yang monoton sedangkan peserta didik membutuhkan proses pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar terciptanya proses pembelajaran yang efektif. Hal ini bisa kita dapatkan dari penggunaan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (dua tinggal dua tamu).Penulis tertarik dengan metode pembelajaran ini karena metode pembelajaran tersebut melatih peserta didik untuk bersosialisasi antar peserta didik dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) dalam pembelajaran menyajikan informasi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMPN 2 Puspahiang tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen. Penulis memilih menggunakan bentuk desain Pre-Eksperimen dengan desain tipe One-Group Pretes-postes Design. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol pada mata pelajaran Bahasa Indonesiadi SMP Negeri 2 Puspahiang Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya dengan rata-rata sebesar 75,07. 2) Hasil belajar peserta didik kelas ekperimen pada mata pelajaran Bahasa Indonesiadi SMP Negeri 2 Puspahiang Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya dengan rata-rata sebesar 79,18. Efektivitas metode pembelajaran Two Stay Two Stray (dua tinggal dua tamu) terhadap peningkatan prestasi peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Puspahiang Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya sebesar 0,071. Sedangkan hasil pengujian hipotesis, thit > td atau 10,275> 2,681, artinya “Terdapat efektivitas yang signifikan antara metode pembelajaran Two Stay Two Stray (dua tinggal dua tamu) terhadap prestasi peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesiadi kelas VIIISMP Negeri 2 Puspahiang Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:28
Last Modified: 10 Feb 2023 02:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8490

Actions (login required)

View Item View Item