KUSNANDI, RAMA (2022) PENGGUNAAN SITUS ASTANA GEDE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI TEORI MASUKNYA HINDU-BUDDHA KE NUSANTARA DI KELAS X IPS 3 SMAN 1 KAWALI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (97kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (197kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (156kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (210kB) |
|
Text
6. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf Download (61kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf Download (242kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (149kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (166kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (80kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
Abstract
ABSTRAK Rama Kusnandi. 2022. PENGGUNAAN SITUS ASTANA GEDE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI TEORI MASUKNYA HINDU-BUDDHA KE NUSANTARA DI KELAS X IPS 3 SMAN 1 KAWALI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan Situs Astana Gede sebagai sumber belajar mata pelajaran Sejarah Indonesia materi teori masuknya Hindu-budhha ke Nusantara di kelas X IPS 3 SMAN 1 Kawali Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian menggunakan metode deskriftif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Sumber data terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), informan (guru mata pelajran Sejarah Indonesia dan peserta didik kelas X IPS 3), serta tempat yang dijadikan sebagai sumber belajar. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan tahapan sintak dalam pembelajaran seperti pendahuluan, inti dan evaluasi. Pendahuluan yaitu kegiatan pembukaan pembelajaran untuk menciptakan fokus belajar dan menciptakan stimulus antara guru dan peserta didik, tahapan inti berupa kegiatan pemberian kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan tanya jawab, diskusi kelompok, mengolah data, mengumpulkan informasi, ferifikasi data serta dan penarikan kesimpulan. Evaluasi merupakan tahap akhir dalam pembelajaran untuk menilai pengetahuan peserta didik, sikap peserta ddik dan keterampilan peserta didik ketika berlangsunya kegiatan pembelajaran. Penggunaan Situs Astana Gede sebagai sumber belajar ini dapat memberikan pembelajaran terkait teori masuknya Hindu- Buddha di Nusantara serta peserta didik dapat mengetahui bahwa Situs Astana Gede bisa di gunakan sebagai sumber belajar Sejarah yang menyenangkan. Pada pengunaan situs Astana Gede sebagai sumber belajar mata pelajaran Sejarah Indonesia materi teori masuknya Hindu�Buddha ke Nusantara di kelas X IPS 3 SMAN 1 Kawali Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022 mampu menarik minat peserta didik dalam belajar Sejarah hal tersebut dapat dilihat dari proses dan kegiatan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain memberikan pembelajaran Sejarah juga Situs Astana Gede tersebut mengenalkan esensi nilai-nilai kebudayaan lokal. Kata Kunci : Situs Astana Gede Kawali, Sumber Belajar, Penggunaan Situs Astana Gede
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 02:30 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 02:30 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8387 |
Actions (login required)
View Item |