PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya)

NURLAELASARI, NURLAELASARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (70kB)
[img] Text
lembaran pengesahan.pdf

Download (181kB)
[img] Text
lembaran penguji.pdf

Download (89kB)
[img] Text
pernyataan.pdf

Download (173kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (63kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (188kB)
[img] Text
ucapan terimah kasih.pdf

Download (127kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (150kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (157kB)
[img] Text
ba 2.pdf

Download (667kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (211kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK NURLAELASARI. 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI MIPA SMA N 7 TASIKMALAYA. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap self-efficacy dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi di kelas XI MIPA SMA N 7 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan populasi pada penelitian ini meliputi seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA N 7 Tasikmalaya. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 66 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yaitu angket self-efficacy dan tes hasil belajar. Angket digunakan untuk mengukur kemampuan self-efficacy peserta didik dengan indikator yang dikemukakan oleh Albert Bandura yaitu magnitude, strength, dan generality. Sementara tes digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan indikator soal mengacu pada Taksonomi Bloom yaitu dimensi proses kognitif C1, C2, C3, C4, C5 dan dimensi pengetahuan K1 dan K2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji ANCOVA dengan bantuan software SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis uji ANCOVA diperoleh nilai signifikansi pada corrected model = 0,000 (sign. < 0,05), model pembelajaran = 0,007 (sign.< 0,05), nilai R Square = 0,226. Penelitian menunjukkan model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap self�efficacy dan hasil belajar peserta didik dengan self-efficacy sebagai covariat dan berpengaruh terhadap hasil belajar tanpa self-efficacy sebagai covariat. Temuan pada penelitian ini model pembelajaran flipped classroom pada materi sistem reproduksi berpengaruh terhadap self-efficacy terutama pada indikator magnitude dan pada hasil belajar peserta didik terutama pada dimensi proses kognitif C3 (mengaplikasikan) dan dimensi pengetahuan K2 (Pengetahuan Konseptual). Kata Kunci: Flipped Classroom, Self-Efficacy, Hasil Belajar, Sistem Reproduksi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 Dec 2022 07:12
Last Modified: 19 Dec 2022 07:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7778

Actions (login required)

View Item View Item