PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia di Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya)

ALDIYANI, WULAN (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia di Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (94kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (188kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (161kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (442kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK WULAN ALDIYANI 2022. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia di Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif siswa siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Tasikmalaya karena kurang optimalnya model,media dan teknologi pada proses pembelajaran. Sekitar 52% nilai hasil PAS belum mencapai KKM. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah tahapan pelaksanaan model pembelajaran blended learning menggunakan media pembelajaran learning management system pada mata pelajaran geografi materi keragaman budaya Indonesia di kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya? (2) Bagaimanakah pengaruh penerapan model pembelajaran blended learning menggunakan media pembelajaran learning management system terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran geografi materi keragaman budaya Indonesia di kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya?. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara, Studi dokumentasi, Studi literatur, dan tes. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 orang dengan teknik pengambilan berupa simple random sampling dan 2 orang sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik berupa t-test. Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji instrumen, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan diketahui bahwa tahapan pelaksanaan Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System menggunakan aplikasi Sekolah Pintar Indonesia Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa yaitu: kegiatan pendahuluan (guru memberi motivasi secara langsung, memberi pertanyaan kepada siswa melalui aplikasi Sekolah Pintar Indonesia dan menjelaskan tujuan pembelajaran), mengkondisikan siswa dan pembentukan kelompok, pencarian informasi (seeking of information), perolehan informasi (acquisition of information), sintesis pengetahuan (synthesizing of knowledge), evaluasi dari guru pada kegiatan penutupan pembelajaran. Model pembelajaran blended learning menggunakan media pembelajaran learning management system yaitu aplikasi Sekolah Pintar Indonesia berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tasikmalaya pada materi keragaman budaya Indonesia, semakin baik dalam menggunakan model dan media tersebut, maka semakin tinggi hasil belajar kognitif siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Blended Learning, Learning Management System, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Dec 2022 08:16
Last Modified: 15 Dec 2022 08:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7754

Actions (login required)

View Item View Item