ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

NURSOFIANITA, AFNIA (2021) ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (251kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (295kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (351kB)
[img] Text
5 BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (563kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (504kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstract

ABSTRAK AFNIA NURSOFIANITA. 2021. Analisis Proses Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau Dari Self-Efficacy Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses berpikir kreatif matematik ditinjau dari Self-Efficacy peserta didik berdasarkan tahapan Wallas. Metode yang digunakan dalam pada penelitian ini yaitu metode eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, soal tes matematik, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Self-Efficacy dan soal tes matematik materi pola bilangan. Sumber penelitian ini yaitu peserta didik Kelas VIII A SMPN 3 Cikupa Kabupaten Tangerang, subjek diambil dengan teknik purposive yang menjawab kuesioner SelfEfficacy dan soal tes matematik pada materi pola bilangan dan peserta didik melakukan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display, dan verification. Berdasarkan hasil tes matematik pada materi pola bilangan mengenai proses berpikir kreatif matematik ditinjau dari Self-Efficacy peserta didik dapat disimpulkan bahwa subjek S36 dapat menyelesaikan proses berpikir kreatif peserta didik, sehingga subjek S36 dapat menyelesaikan semua tahapan proses berpikir kreatif ditinjau dari SelfEfficacy peserta didik dengan baik. Subjek S36 terlihat tenang ketika mengerjakan soal subjek mengerjakan dengan sangat yakin sehingga dapat memenuhi semua tahapan proses berpikir kreatif matematik dan memenuhi indikator Self-Efficacy dimensi tingkat, kekuatan, dan generalisasi. Subjek S15 memiliki keyakinan diri yang baik pada dirinya karena pada saat mengerjakan soal subjek terlihat lebih santai dan percaya diri. Subjek memenuhi semua tahapan proses berpikir kreatif, tetapi subjek melewati beberapa proses berpikir dan subjek memenuhi indikator Self-Efficacy dimensi tingkat, dan kekuatan. Subjek S1 memiliki keyakinan yang kurang baik karena pada saat mengerjakan soal subjek terlihat malas dan terburu-buru, sering menoleh kepada teman, dan pada tahapan proses berpikir subjek melewati beberapa proses berpikir kreatif, sehingga hanya memenuhi indikator Self-Efficacy dimensi tingkat dan generalisasi. Kata kunci: Proses Berpikir Kreatif, Self-Efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:19
Last Modified: 14 Dec 2022 03:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7631

Actions (login required)

View Item View Item