MELINDAWATI, SITI (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, RESILIENSI AKADEMIK, DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Terhadap Peserta Didik Kelas X dan XI IPS di SMA Negeri 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2021 / 2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (13kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR PENGUJI, LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (716kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (297kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (475kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK SITI MELINDAWATI. 2018. PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, RESILIENSI AKADEMIK, DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survei Terhadap Peserta Didik Kelas X dan XI IPS di SMA Negeri 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2021 / 2022). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Masalah dalam penelitian ini mengenai prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi yang berada dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang sudah ditetapkan yaitu sebesar 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, resiliensi akademik, dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan desain eksplanatori. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas X dan XI IPS di SMAN 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2021 / 2022 dengan jumlah 213 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling dengan menggunakan rumus slovin dan diperoleh 139 responden. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner tertutup dan teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi R2, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar peserta didik dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan resiliensi akademik terhadap prestasi belajar peserta didik dengan nilai signifikansi (0,009 < 0,05). 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan manajemen waktu terhadap prestasi belajar peserta didik didik dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional, resiliensi akademik, dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar peserta didik didik dengan signifikansi (0,000 < 0,05). Simpulan dari penelitian ini yaitu kecerdasan emosional, resiliensi akademik, dan manajemen waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Resiliensi Akademik, Manajemen Waktu, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 06:16 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 06:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7230 |
Actions (login required)
View Item |